From Surabaya To Malang with (love) Train :D

Sudah 11 hari, terhitung dari tanggal 1 Juli saya tinggal di Kota Pahlawan Surabaya. Nggak begitu jauh dengan Malang memang dan sebelumnya saya juga sering mengunjungi kota ini untuk sekedar jalan-jalan  atau main ke kosan teman. Tapi, berbeda dengan sekarang… karena saya harus tinggal di Surabaya, karena saya memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggal di Surabaya (cie.. sok kegayaan beud). Baca: KERJA saudara-saudara! Ya, saya memang udah lulus (baru yudisium doang) dan kerja di Surabaya, ada masalah? :)

Yah, namanya juga baru pertama kali merantau… mana nggak ada sepeda motor… jadi kehidupan saya berkutat dari Kantor-Kosan, Kantor-Kosan, Kantor-Kosan, Kantor-Kosan… begitu terus… eh, nggak juga ce, kadang-kadang rutenya berubah begini: Kantor- Warung Bu Lusi-ITC-Kosan—dimana warung Bu Lusi letaknya tepat di depan kantor :), jadi tinggal nyeberang.

Baru disini saya merasakan bahwa libur di hari sabtu-minggu adalah berkah, karena sabtu-minggu libur dan saya bisa pulang ke Malang! Nah, ini dia saya mau cerita tentang transportasi darat yang paling saya sukai: KERETA. Dari semua jalur transportasi darat, saya paling suka jalur transportasi ini karena murah, nggak macet (tapi kadang2 kres :p), tepat waktu (ya kadang delay 15-30 menit) dan yang paling utama: karena kosan saya dekat dengan Stasiun Surabaya Kota (biasanya dikenal dengan nama Stasiun Semut).

Di hari pertama masuk kerja, sebelum masuk kantor, saya sempatkan untuk nge-cek jadwal kereta Penataran ke arah Malang #niatbanget. Saya berangkat dari kosan jam 7 pagi, jalan kaki menuju Stasiun Semut—ya lumayan lah, bisa bikin kaki gempor. Sesampainya di Semut, saya foto tuh jadwal kereta ke Malang, satu-satunya ya naik Penataran Icon.

Yang bikin kecewa adalah, jadwal kereta paling akhir jam 16.10… Apa? Jam 16.10?? Padahal saya kan pulang kantor jam 17.00. Duh, piye iki? Alhasil, saya pulang (ke kantor) dengan gontai sambil ngelirik ternyata sudah hampir jam 08.00. Kalo jalan kaki, bisa sampe besok (#lebay)… mana hari tersebut adalah hari pertama saya masuk kerja, masa sampe kantor keringetan… Akhirnya, saya naik becak, 10 menit aja uda sampai kantor.

Ketika menjadi anak kos, setiap pengeluaran jadi diperhitungkan. Bahkan sampe harus memilih, naik becak atau nggak makan siang? Karena hari gini tarif becak, minimal 5.000 men, mana ada di becak Surabaya yang mau dibayar 3.000 atau malang 2.500. Saran saya, perluas jaringan pertemanan anda dengan pak becak, barangkali besok-besok bisa dikasih potongan harga paket lebaran :).

Habis galau, terbitlah terang. Karena saya update status di FB tentang kegalauan saya, comment-lah teman SMA ku yang lebih berpengalaman dalam dunia perkereta-apian. Sebut saja namanya Estu (ya emang namanya itu kali), dia memberikan alternatif begini:

  1. Pagi-pagi beli tiket kereta di Stasiun Semut untuk keberangkatan jam 18.35 dari Stasiun Gubeng. Harga tiket kereta: IDR 4.000
  2. Ketika pulang kantor langsung ke Stasiun Semut, disarankan jangan naik becak… karena macet banget di sekitar Ruko Pengampon (Jl. Semut Baru-Depat ITC-Jl. Semut Indah, dll.), kalau bisa minta barengan ama teman kerja yang bawa sepeda motor aja 
  3. Sesampainya di Stasiun Semut, naik komuter jam 17.20, tujuan ke Stasiun Gubeng (harga tiket: Gratis, asal punya nyali untuk bilang kalau kita naik komuter ke Gubeng doang) . Kalau ketinggalan kereta, bisa naik Angkot Lyn D turun di Gubeng lama (tarif: IDR 3.000)
  4. Menunggu keberangkatan Kereta Penataran tujuan akhir Malang jam 18.35

Untuk meningkatkan efisiensi, langkah 2-3 bisa diganti dengan: minta anter teman langsung ke Stasiun Gubeng :), nggak jauh kok mungkin ya 20 menit-an kalau nggak macet. Jadi, total estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pulang ke Malang IDR 4.000 – IDR 7.000, asal di Kereta jangan jajan mulu.
Gimana kalau naik bis? Setelah bertanya ke beberapa teman, ada beberapa alternatif :

Alternatif 1

Alternatif 2

Ke Stasiun Semut, naik komuter jam 17.20 berhenti di Stasiun Waru (harga tiket: bisa fleksibel, asal punya nyali :D). Kalo nggak gitu ya beli aja tiket Komuter, sekitar IDR 2.000 Naik bis kota tujuan Terminal Bungurasih (Purabaya) dari Tugu Pahlawan. Rata-rata semua bis kota melewati Tugu Pahlawan, tapi saya nggak tau, bis kota melewati Tugu Pahlawan sampai jam berapa.Tarif bus Kota: IDR 4.000 – 5.000
Keluar dari Stasiun Waru, tinggal menyeberang di Jembatan Penyeberangan… udah di Bagian Pintu Keluar Bis Luar Kota Terminal Bungurasih (Purabaya). Bisa langsung nyegat bis di pintu keluar atau masuk ke dalam ke tempat mangkalnya Bis Ekonomi.Harga tiket ke Malang : IDR 10.000 Udah sampai di Bungurasih, segera ke tempat mangkalnya Keberangkatan Bis Antar Kota yang Ekonomi. Harga tiket ke Malang : IDR 10.000

Saran saya selama perjalanan:

  1. Siapkan uang  receh, uang pecah (ratusan, ribuan) hindari uang puluhan ribu atau ratusan ribu… karena menyulitkan Petugas penjual karcis untuk nyari uang kembalian…
  2. Meskipun keamanan di Stasiun udah diperketat, tapi tetap amankan barang-barang berharga anda (HP, dompet, gadget, dll.). Blusuk-blusukkan ke dalam tas. Di saku celana atau baju, siapkan uang maksimal IDR 10.000 lah buat jaga-jaga.
  3. Simpan tiket bis/kereta, karena akan dilakukan pengecekan di tengah perjalanan. Gak mau kan kalo di tengah perjalanan, kamu terpaksa dikeluarkan gara-gara lupa naruh tiket bis/kereta.
  4. Perjalanan dengan Kereta normalnya menghabiskan waktu ± 3 jam, jadi kalau berangkat jam 18.35 sampai di Stasiun Kota Baru Malang jam 21.35, sedangkan perjalanan dengan Bis normalnya menghabiskan waktu ± 2 jam, jadi kalau berangkat jam 18.00 sampai di Terminal Arjosari Malang jam 20.00.

Jadi, siapkan uang IDR 7.000 lah kalau pulang ke Malang naik Kereta, atau siapkan uang IDR 15.000 kalau pulang ke Malang naik Bus. The last, have a safe trip ya :), semoga selamat sampai Kota Malang. Saya jadi pengen segera  pulang ke Malang nih, :3

12 thoughts on “From Surabaya To Malang with (love) Train :D

  1. Hallo,
    Saya mau share nich siapa tau ada yg perlu info:
    Tgl 9 Mei 2013 saya berangkat dari Psr Senen (JKt) dgn kereta Kertajaya jam 14:10 kemudian tiba di Surabaya (Psr Turi) pemberhentian terakhir di SBY lewat jalur Utara jam 03:30.
    Karena tujuan saya ke malang maka saya naik taxi dari St Psr Turi ke St Semut ( surabaya Kota )Rp 20 Rb sesampai di St semut langsung beli tiket KA Penataran jurusan Malang tetapi ternyata jam keberangkatan pertama yaitu Jam 05 pagi telah habis dan saya beli jam keberangkatan ke 2 yaitu jam 07:10 dengan harga tiket Sby – Malang Rp 4000 rp tapi tanpa tempat duduk dan setelah berbincang bincang dgn penjaga pintu masuk diberi saran agar saya mencari gerbong terakhir karena disana biasanya ada tempat duduk kosong dan tidak perlu punya nomer tempat duduk yang pasti, tetapi setelah saya perhatikan ternyata gerbong tersebut adalah gerbong restorasi sehingga dengan hanya membeli sarapan serta minum dgn dana Rp 10 rb sudah dapat menempati kursi empuk plus dinginnya AC, maka tibalah saya di malang pada jam 10:30 kereta tertunda krn Loko keretanya terlambat datang. Menurut org-org yg saya tanyai perjalanan dr surabaya ke malang memakan waktu sekitar 3 jam.
    Nah itulah pengalaman saya jalan-jalan ke malang melalui surabaya. Semoga menambah wawasan pd teman-teman semua. Bye……….. ” Selamat berlibur “

    • tawan says:

      wah,,sepertinya perjalanan kita sama,,saya mo ke bromo cuma pengen jalan2 di surabaya dulu,,
      keburu gak yach,,kalo tiket saya pulang ke jakarta kan dari pasar turi jam 15.00 sementara sampai di stasiun malang baru dari bromo kemungkinan jam 12 atau jam 1 siang,,bisa bantu kasih solusi untuk memudah kan saya,,ini baru pertama kali jalan keluar kota yang sama sekali ga da yg di kenal,,,,alias modal nekat aja,,he,,he,,he,,

      Trus aman gak di stasiun pasar turi,,karena kita kita sampaikan jam 3:30,,nungguin terang niatnya kita nunggu di stasiun pasar turi,,,

      Terima kasih infonya,,,

  2. tawan says:

    Hallo,,

    Saya ada rencana jalan2 ke bromo,,cuma sebelum ke bromo saya pengen jalan2 dulu di surabaya,,saya sudah beli tiket yg jurusan jakarta pasar senen – surabaya pasar turi,,dan surabaya pasar turi – jakarta pasar senen,,setelah sehari di surabaya,,saya akan berangkat ke malang,,untuk ketemu teman2 yang akan ke bromo,,yang ingin saya tanyakan adalah berapa jam kira2 kalo naik kereta ke stasiun malang baru menuju pasar turi surabaya,,rencananya kita sampai di stasiun malang baru selepas dari bromo jam 12.00 dan tiket kereta saya dari pasar turi menuju jakarta jam 15.00,,kira 2 keburu gak yach kl naik kereta,,atau ada pilihan lain,,
    Atau,,apakah lebih baik,,tiket saya ganti pulang dari malang menuju jakarta,,supaya lebih aman,,,

    Apakah menunggu di stasiun pasar turi aman,,karena saya sampai di sana jam 03.30 pagi,,

    Jauh gak dari pasar turi menuju tugu yang ada gambar ikan ma buaya itu lho,,,trus bisa naik apa yach,,

    bagi informasi donk,,kita kan berangkat cuma ber2 aja,, di surabaya ga ada sodara,,jadi bisa bantu gak kasih tau tempat nginap yg murah tapi aman untuk semalam,,cuma buat tidur ma mandi aja,,,xixixi,,maklum pengen jalan2 tapi dana terbatas,,
    (kalo ada yg mau kasih tumpangan di kosan juga gpp/cewek yach/krn saya jg cewek,,,,,,,xixixi,,ngarep,,, )

    Mohon bantuan nya yach,,
    Terima kasih,, :-)

  3. Audrey Viviana says:

    hello! may i check if you can direct me in English? i would like to plan the train journey from Surabaya to Malang on 23rd December.. where do i buy the tickets? must i buy the tickets in advance? thank you for your help!

    • Hi Audrey, you can buy the ticket in Surabaya Kota Stasion, Gubeng Station or Wonokromo Station. The ticket can be booked 7-days before 23rd December. You can order the ticket via web (check this one, https://tiket.kereta-api.co.id/) and pay the bill via e-banking. The ticket cost is about 20K IDR.

      Please feel free to ask anything about it on me, Audrey :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s