Tekad…Tekad…

Seperti di friendster shoutbox nya Fifi!
“yang diperlukan cuma; tekad yang lebih keras dari baja, tangan dan kaki yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, kepala yang akan lebih sering mendongak ke atas, serta mulut dan hati yang selalu berdoa”

merinding deh ngegengernya!

Kenapa ya kok bisa merinding?

Menggetarkan hati!

Kok bisa menggetarkan hati?

Yah,, hati tergetar karena miris memikirkan betapa harus bener-bener rela mengorbankan apapun demi mencapai apa yang kita inginkan. Sedangkan teringat juga tentang diri kita yang belum bertekad sekuat itu, tetapi sudah bermimpi yang macem-macem, ingin yang muluk-muluk–sedangkan bertekad untuk mencapainya aja masih setengah-setengah! Nope!
Yang diperlukan adalah :

Semangat! Semangat yang nggak pernah padam!

Tapi gimana caranya agar semangat tu nggak pernah padam ? Menurutku, ada 3 hal yang tetap bisa mengobarkan semangat!

    • Selalu bersyukur, dengan bersyukur–kita ingat dengan Allah SWT! Ketika kita ingat dengan Allah SWT, kita tidak akan pernah kehilangan semangat hidup, karena kita yakin masih ada yang akan menolong kita dalam keadaan dan situasi apapun, melebihi siapapun yang ada di dunia ini. Kita juga yakin bahwa apa yang telah kita alami, baik itu senang maupun pahit–pasti itulah yang sudah digariskan pada kita, untuk kita jalankan sebaik mungkin, sehingga kalaupun kita lagi ‘down’ lagi jatuh, karena suatu hal… (InsyaAllah) gak bakal jatuh terus dan terus-terusan ‘down’, semangat kita akan bangkit lagi, sehingga kita bisa ‘Live Our Dreams’ lagi kayak sebelum-sebelumnya! Tetap semangat! Jika saat itu masih belum tercapai keinginan kita, artinya bukannya kita tidak diperbolehkan untuk meraih mimpi kita! Mimpi itu milik kita! Kita lah yang harus bisa meraihnya, mungkin nggak sekarang! Tapi, kita bisa meraihnya besok atau lusa hari dengan pengalaman yang bertambah! Semangat!
    • Berusaha! Boleh kita bermimpi, tapi sesuaikan dengan usaha yang kita lakukan, karena usaha dan hasil itu berbanding lurus. Semakin kita berusaha keras, semakin banyak pula hasil yang dapat kita raih! Pengecualian disini, usaha yang dilakukan secara fair loh,, karena bagaimanapun juga yang namanya ketidakjujuran itu nggak baik. Klise sih kelihatannya, tapi maknanya dalem loh,, Sadar diri dong, kita hidup di dunia ini nggak sendirian! Saat kita melakukan kecurangan, pasti bakal ada orang yang merasa nggak senang/ditugikan dengan kecurangan kita. Well, Hey Sadar gak sih apa yang kita lakukan? Kita telah mencuri secuil kebahagiaan milik orang lain! Memang sekilas seperti nggak ada yang tahu bahwa kita telah melakukan kecurangan, tetapi (seperti yang ditulis Andrea Hirata di Sang Pemimpi) Tuhan tahu, tapi menunggu. Kalau boleh mengartikan kira-kira begini maksudnya, apapun yang kita lakukan baik itu merupakan suatu kebaikan atau kejahatan selalu diawasi dan dicatat oleh malaikat yang ada di pundak kita–untuk akhirnya dilaporkan ke Tuhan, lalu Tuhan akan memberikan balasan yang setimpal atas apa yang telah kita lakukan. Balasan itu mungkin nggak langsung diberikan, tapi lewat hal-hal kecil yang tidak kita sadari sebelumnya. Yah, sadar nggak sadar gusti Allah itu setiap detiknya mengawasi kita.
    • Dukungan.Support. Apalagi dari orang tua. Bener2 ampuh. Manjur. Tokcer dah! Saat kita kehilangan semangat, nggak ada teman yang bisa diajak bicara, nulis diary juga nggak lega, karena diary nggak bisa mengiyakan atau menidakkan apa yang kita lakukan. Disinilah peran orang tua, kalau mau dibilang ban serep juga–mungkin iya, toh sejelek-jeleknya ban serep, kita juga bener2 butuh ban serep😛

Ada kata-kata Anggun C. Sasmi yang menarik saat diwawancarai di acara Kick Andy : (sebenernya ini juga dah aku edit, hehehe yang penting intinya sama!)

Jangan berhenti hanya sampai bermimpi!
Bangun! Gosok gigi! Mandi! Capailah mimpimu hari itu juga!
Jangan kembali melanjutkan tidur, jika mimpi yang kamu inginkan belum tercapai!
Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s