Halo Pak Obama!(2)

Mau tau beberapa visi misinya Pak Obama ?

  1. Memperbaiki reputasi AS di seluruh dunia, terutama dunia Islam

  2. Obama jelas mengatakan tidak setuju dengan perang Irak.

  3. Berbicara mengenai kebijakan luar negeri, dirinya bersikap ambisius dan idealistik. Secara gamblang beliau berkata bahwa posisi sebagai pemimpin bagi dunia bebas ini terbuka lebar dan dia ingin menempati posisi tersebut.

  4. Obama ingin bekerja dengan Rusia untuk mengamankan bahan-bahan nuklir, pada saat bersamaan mendorong demokrasi dan transparansi di sana.

  5. Beliau juga ingin memperkuat NATO,

  6. membangun aliansi baru di Asia,

  7. menghentikan genosida di Darfur,

  8. memperjuangkan perdamaian di Timur Tengah, dan

  9. membantu negara-negara miskin membangun ekonomi pasar yang berfungsi.

  10. Obama tidak berbicara banyak mengenai ekonomi. Ia hanya ingin mengalokasikan dana yang lebih besar untuk sekolah, subsidi kesehatan, dan kepentingan veteran.

Wah, setuju! Artinya, Obama tidak menganggap Islam sebagai teroris. Seperti tuduhan miring dan tidak beralasan dari George W Bush pada umat Islam seluruh dunia—hanya karena beberapa peristiwa ‘kecil’–seperti peristiwa 11 September 2001 atau Bom Bali. Harusnya si GWB tuh nyadar dong, dengan apa yang selama ini dia lakukan bersama CS-nya—si Israel—membantai berjuta-juta nyawa manusia nggak bersalah yang jadi korban di perang antara Palestina dan Israel, hanya karena perebutan wilayah. Ditambah lagi mengenai masalah isu perang Irak, metode kekerasan dalam interograsi tahanan, penahanan tersangka teroris di Teluk Guantanamo, Kuba dan masalah kekerasan tahanan di penjara Abu Ghraib di Irak. Berapa jumlah orang-orang nggak bersalah yang meninggal? Berapa juga anak-anak yang sekarang tidak lagi bisa melihat keluarganya utuh? Berapa pula keluarga yang terpaksa hidup susah karena ditinggal oleh suami atau ayahnya?

Sapa sih Orang Behind The Scene nya Pak Obama?

Pak Obama nggak mungkin bekerja sendirian, dia punya tim sukses yang ‘mengantarkan’ nya pada gelimang kursi presiden di white house. Tim sukses yang membantu Obama adalah David Axelrod dan David Plouffe. Yap! Duo David yang memiliki ide-ide brilian yang bercokol di otaknyalah yang mewujudkan mimpi Pak Obama hingga menjadi elected president.

David Axelrod adalah konsultan politik yang bermarkas di Chicago, Illinois. Ia adalah ahli strategi khusus dan penasehat media. Dan tahu nggak sih tagline-nya Pak Obama : “Yes we can” adalah si dedengkot alias orang ini yang membuatnya, dengan ide dasar perubahan (change).

Kerjaan tim sukses ini –khususnya si Axelord, selain memperkuat pertahanan pasukan perang, juga melakukan serangan pada lawan Obama—John McCain, apaan? Memunculkan stigma McCain sebagai perpanjangantangan kebijakan kacau balau presiden George W. Bush. Strategi ini sukses besar bo!, membuat McCain sibuk ‘cuci tangan’ alias mbersihin namanya dan meyakinkan pada rakyat bahwa dirinya bukan antek-antek Bush. Wih-wih, sejauh ni aku gak tau, ni sekedar provokasi palsu atau beneran ya?—Eniwei, akibatnya McCain jadi gak maksimal dalam menjalankan rencana dan pemikirannya untuk Amerika.

Axelrod tak sendiri. Strategi hebat juga datang dari kepala David Plouffe, manajer kampanye Pak Obama. Ia bertanggung jawab atas berbagai hal pada kampanye Obama. Mulai dari media, staf, penggalangan dana, hingga rencana lawatan.

Salah satu ide briliannya adalah, Plouffe usul pada Pak Obama untuk ‘menggalang’ suara dari kaum-kaum muda—yang berusia di bawah 30 tahun atau yang baru pertama kali punya kesempatan memilih—diserbu melalui dunia maya alias internet. Langkah ini bener-bener brilian! Dimana sebelumnya jarang ada politikus yang mau merambah dunia internet sebagai media kampanye. Kebanyakan dari politikus masih berpikir konservatif dan menganggap internet sebagai arena bermain atau bisnis yang belum mumpuni.

Situs-situs seperti MySpace, Facebook, YouTube dll dijabanin ma tim sukses Pak Obama yang satu ini. Bahkan di situs resmi Pak Obama—BarrackObama.com—juga dilengkapi fasilitas-fasilitas tersebut.

Situsnya menyajikan informasi up-to-date dalam bentuk video, foto, ringtone, widgets, hingga info kampanye.

Pendukung Obama juga bisa membuat blog masing-masing sesuai dengan isu yang diusungnya, mengusulkan rekomendasi kampanye, membuat situs mini untuk menggali dana kampanye, mengelola kegiatan, bahkan menggunakan phone-bank widget. Semua fitur-fitur tersebut merupakan hasil pemikiran Plouffe.

4 thoughts on “Halo Pak Obama!(2)

  1. berita politik ya?
    agak nggak doyan..
    tapi asyik penyampaiannya, aku baca sambil bayangin dirimu yang bicara artikel ini sambil ngepalin tangan, “Yes We Can!!” layaknya Obama Wanita😉

  2. @ochin
    hahahaha, aku sendiri takut membayangkan diriku seperti Obama Wanita.
    Yang penting “Yes We Can”-nya keren!
    ada lagi chin, kata Bu Kartini yang paling penting adalah “Yes We Want”!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s