Let’s Go Blog!

(Gambar diambil dari : http://planetimagehost.com/images/57323_blogger.jpg)

Siapa bilang nge-blog itu susah? Hayo ngaku…
Eh, temen saya nih yang ngaku—tapi dia malu kalo namanya disebutin, sebut saja Bunga—bukan nama sebenarnya (wadu, udah kayak acara PATROLI aja ni…).

“Gw males ngeblog, abisnya….ngeblog itu ngabisin duit sia-sia, buang-buang waktu pula! Males ah! Nggak guna banget! Mending duitnya gw pake buat traktir temen deh… sekalian sedekah… hehehe…” ih si Bunga nyengir pula. Keliatan tu giginya mbak, hoeey… kok ada jigongnya? Gosok gigi dulu sono!

Begitulah survey yang saya lakukan pada responden saya yang—sebut saja namanya Bunga. Sebenarnya masih banyak lagi responden saya yang ngantri agar pendapatnya dimasukin ke posting ini, tapi berhubung gw manusia biasa yang memiliki keterbatasan, termasuk keterbatasan daya upaya untuk ngetikin pendapat mereka saat ini. Intinya, gw males ngetik pendapat mereka—karena pendapat mereka rata-rata sama—mereka males ngblog karena faktor blogging is not profiting and valuable activity—bahkan mereka berpikir bahwa blogging is just an activity that spend your money much.

Bener ga sih mereka berpikir yang seperti itu?

Oke, mari kita menganalisis masalah blogging is not profiting a.k.a ngeblog nggak berguna, nggak menghasilkan duit. No guys, blogging is profiting.
Faktanya :
1. Dalam skala besar, nggak jarang blog dijadikan sarana promosi produk dalam dunia bisnis, seperti blog : FastLane, Microsoft, Sun Microsystem, untuk di Indonesia sendiri yang terkenal Blog Liputan6 .
2. Dalam skala kecil, coba deh kalau kamu punya produk (barang/jasa) promosikan lewat blog. Contohnya saya (hehehe, ini dia salah satu keunggulan blog, sebagai ajang narsisme diri! Ngiri? Makanya bikin blog juga…)–mempromosikan jasa pembuatan website (designing, programming, etc) ataupun program. Teman saya juga mempromosikan kaus (yang desainnya made in him) di blognya.

Selesai masalah pertama, mari kita mengupas dan menguliti masalah blogging is not valuable activity a.k.a ngeblog itu sia-sia. No guys, blogging is surely valuable.
Faktanya :
1. Peningkatan kemampuan menulis.
Sadar atau tidak, dengan blogging akan ada waktu yang kita luangkan untuk menulis. Entah itu sekedar menulis diary, menulis rangkuman pelajaran, menulis cerpen, puisi, novel bahkan sekedar menulis pendapat kita terhadap tulisan orang lain–semua hal itu, jika dilakukan secara kontinyu, akan mengasah kemampuan menulis kita guys.
2. Mendapat informasi yang lebih banyak.
Ada seorang penulis yang bilang : tulislah apa yang tidak kalian ketahui, bukan apa yang kalian ketahui. Maksudnya? Teman, jangan takut menulis! Karena justru dengan menulis lah, sarana kita belajar–selain membaca. Ya pastinya, kalau mau menulis sesuatu–apalagi jika ada tema tertentu–setidaknya, kita tahu sedikit-sedikit informasi tentang tema yang ingin kita tulis. Cukupkah hanya sedikit? Cari lagi literatur tentang tema itu! Lalu, kembangkan ide kita melalui tulisan kita sendiri!

3. Meningkatkan kemampuan analisis kita
Kadang kita nggak sadar dengan apa yang kita bicarakan dengan orang, karena kadang kita ngomong nggak pake mikir (kita? Gw aja kaleee…)–yah, habisnya, kalo ngomong kan enak aja, langsung meluncur dari mulut kita (a.k.a nyablak), kalau lagi emosi atau ga konsen nggak jarang kan kita ngomong tanpa dipikir dulu?
Nah, dengan menulis… akan semakin meminimalisir kemungkinan kita untuk terbiasa nyablak. Karena dengan menulis, ada tulisan yang bisa kita baca ulang, kita edit dari sisi redaksi, maknanya, hubungan antar kalimatnya nyambung nggak, trus enak dibaca apa nggak… setidaknya itu yang kita dapatkan dalam blogging.

4. Nggak gaptek
Yaiyalah, kalau diantara temen-temen kita ada yang (masi banyak mungkin…:D) belum bikin blog, dan kamu bisa bikin blog–wah, rasanya bakal bangga banget tuh. Eits, jangan keterusan dan jadi sombong… ajaklah temen-temen kamu untuk ngeblog. Buka pikiran mereka bahwa blogging itu mengasyikkan. Kalau kamu tergabung dalam club atau komunitas (misalnya suka fotografi, memasak, pecinta alam) di sekolah, nggak ada salahnya kalian bikin blog komunitas kalian. Seru kan, kalo bikin blog bareng-bareng dengan temenmu? Kamu jadi bisa ngajarin tentang tata cara bikin blog yang bagus.

5. Adu kemampuan menulis kita
Ayo, kemampuan menulismu udah di tangan. Blogging? Udah makanan tiap hari kali. Sekarang, apalagi yang seru ya? Ayo coba adu kemampuan menulis kalian! Coba ikutan lomba-lomba yang memanfaatkan blog sebagai medianya. Ambil kesempatan itu! Takut? Buat apa takut? Inilah kesempatanmu untuk menunjukkan keeksisanmu di dunia blogger.

Nah, akhirnya sampai juga di masalah yang ketiga! Mari kita lahap masalah blogging is just spending your money a.k.a ngeblog buang-buang duit. No guys, indeed blogging is earning your money!
Faktanya :
1. Bikin kelompok belajar tentang tetek bengeknya blogging. Kamu bisa memasang tarif untuk mereka, nggak usah mahal-mahal. Yang penting mereka nggak keberatan dengan tarif yang ditentukan, bikin kesepakatan dulu sebelumnya.
2. Pasang iklan di blog kamu, inilah cara yang lumayan efektif menggembungkan pundi-pundi tabungan kita. Yang lagi ngetrend saat ini adalah dengan Google Adsense.
3. Ikutan lomba ngeblog. Sapa tahu jadi pemenang, bukan juara 1 memang–tapi, setidaknya ada peluang bagi kita untuk menjadi pemenang. Hadiahnya kan lumayan itu…

So, kesimpulannya adalah ayo blogging mulai sekarang! Semuanya berakar pada keinginan, katakan Aku Mau Blogging!

Let’s Open our mind friends! Speak up our mind!

(Gambar diambil dari : http://i76.photobucket.com/albums/j1/jalansutera/ngeblog-sesat2.jpg)

10 thoughts on “Let’s Go Blog!

  1. bunga ditanyain,
    nanya orang aja beib

    ngeblog sih g ngabisin uang, asal konek internetnya gratis wekekekeh

    tp bener lho, klo bisnis store online sekarang sedang merekah di khalayak ramai
    prospeknya cerahh

    minat?

  2. Nice Post;)

    bloging,.
    aq ndiri baru mulai ngeblog 4-5 bln ini,.
    Yg pasti aq nemu hal2 baru,.
    nyari informasi ternyata mudah sekali, cz kita jadi punya banyak temen maya,.
    n gak usah ribet2 kumpul buat ngomong sepatah dua patah kata:P
    Mulai ngerti juga, dari ngeblog kita bisa dapet panghasiln lho;)
    skg masih belajar sih^^!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s