Mau Bikin Blog Dimana ya?

Blog, sekarang sudah menjadi sesuatu yang langka lagi bagi para netter. Tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang sudah mumpuni dalam bidang IT, tapi juga dimiliki oleh orang-orang awam IT, seperti mahasiswa, siswa-siswa SMA bahkan siswa SMP juga sudah bisa memiliki blog sediri.

Nggak jarang juga kita lihat mereka sengaja berlama-lama di depan komputer warnet—dan rela sebagian uang jajannya terkuras habis untuk ngenet—atau berbahagialah bagi yang memiliki laptop—karena sekarang semakin menjamur kafe hot spot di Malang—akan semakin banyak pula waktu yang mereka habiskan untuk saling bertukar informasi dalam dunia maya.

Saya sendiri sudah mengenal blog sejak 3 tahun yang lalu. Ada beberapa macam provider blog yang saya jajal fasilitas-fasilitasnya. Mulai dari blog di friendster, multiply, blogspot, hingga wordpress—sejauh penjajakan saya, setiap provider blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, contohnya antara wordpress dan blogspot. WordPress adalah provider blog yang memiliki 2 versi, yakni versi berbayar dan versi gratisan, sedangkan blogspot adalah povider blog murni gratisan.

Maka nggak jarang, blogspot pasti menjadi pilihan bagi sebagian besar remaja, mengapa? Karena selain gratis dan mudah dipahami oleh para newbie di bidang IT pun—blogspot menawarkan fasilitas yang lebih powerful daripada wordpress versi gratisan. Tersedia sangat-amat-banyak-sekali templates gratis yang memanjakan para blogger di blogspot, salah satunya di http://www.btemplates.com. Beberapa widget/gadget lain juga dibuat hampir semuanya kompatibel dengan blogspot, seperti widget jam di http://www.clocklink.com, widget untuk chatting di http://www.shoutmix.com, bahkan widget untuk merekam trackback blogger lain yang sedang mengakses blog kita, bisa di lihat di http://www.feedjit.com.

Apa bedanya dengan wordpress?

Kalau di wordpress, karena terdapat versi berbayar dan gratisan—maka para blogger mania ni harus merasakan dilema besar! Pastinya wordpress yang berbayar lebih powerful dibandingkan wordpress gratisan. Dari segi jumlah templates yang bisa digunakan, wordpress gratisan memiliki jumlah templates yang terbatas—kalau mau mencoba templates lain yang tak terbatas, silahkan mendaftar untuk menjadi blogger wordpress yang berbayar. Selain itu, untuk wordpress gratisan, hanya beberapa widget/aksesoris blog yang dapat digunakan di blog. Saya pernah mencoba ingin menampilkan shoutmix di blog wordpress, setelah saya copy-paste kan kodenya, eh yang tampil malah hanya link shoutmix—yang membuka shoutmix di halaman lain—tidak satu halaman dengan blog saya. Kan jadi aneh…

Okelah, begini perbedaan antara wordpress dan blogspot


Perbedaan Wodpress (WP) Gratisan Blogspot (BS)
Import posting WP bisa mengimport postingan yang ada pada BS BS tidah bisa mengimport postingan yang ada pada WP.
Form Komentar User friendly agak ribet untuk memberikan sebuah komentar. Tapi, untuk yang ini bisa diatasi karena sudah ada yang bisa mensetting form komentar di BS hampir sama seperti di WP
Menu Drag Drop Sulit untuk Drag Drop halaman Mudah untuk disetting dan digunakan.
Support Iklan dan Google Adsense WP tidak support Google Adsense (Ga komersil :D) BS support Google Adsense
Penanggulangan Spam WP lebih unggul dalam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam BS tidak dilengkapi plugin anti spam, spam ditanggulangi dengan moderasi komentar dilakukan manual oleh blogger
Template

WP hanya bisa memilih template dari template yang disediakan saja.

BS logspot bebas memilih dan mengganti template baik template yang disediakan ataupun upload dari luar

Cocok digunakan untuk blog apa? blog komunitas atau sejenisnya, karena user friendly. Blog diri sendiri (yang penuh ajang kenarsisan!)
Posting lewat e-mail Ga Bisa Bisa
Hasil pencarian blog lewat Google Urutan pencariannya berada setelah blogspot Urutan pencariannya teratas, karena di bawah naungan raksasa internet dunia (mbah google)
Cocok dengan Widget?

Ga cocok. Kudu pake WP yang versi berbayar.

Yap. Cocok dengan segala macam widget atau plugin dengan penempatan yang mudah seperti video dari Youtube, slideshow, polling, dan script-script HTML/javascript lainnya
Versi CMS

WP mengluarkan WP versi CMS

BS mengluarkan BS versi CMS

Maka dari itu, sebelum kita terlanjur cinta mati ma blog kita, sebaiknya pilihlah provider blog yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, kalau blog itu untuk usaha : blog untuk pendidikan, blog untuk catatan harian, blog untuk berita-berita terbaru. Dan yang paling penting dari semuanya adalah mau di provider mana pun teman bikin blog, rawat blog itu baik-baik ya, kalo perlu disiram dan dipupuk tiap hari! Hoho, blog apaan tu? Ntar kalo udah gede dan terkenal jangan lupa pada saya, jangan lupa juga isi komen,, hehe.

11 thoughts on “Mau Bikin Blog Dimana ya?

  1. sip… makasi.. bermanfaat banget ni

    tapi aku binun…aku jadi penen blog yang ada di wordpress…haha..jd bikin 2… tapi masih dalam pemikiran…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s