Sekolah Gratis, Siapa yang Gak Mau?

  1. aku_ingin_sekolah

Di tahun ini, ada 2 adik saya yang wajib melanjutkan belajarnya di SD dan SMP. Awalnya, Ibu saya masih mantap dengan prinsipnya untuk menyekolahkan adik saya di sekolah negeri yang berciri khas agama atau setidaknya sekolah swasta yang standarnya bagus dan lingkungannya agamis, karena menurut beliau pendidikan agama harus ditanamkan sejak kecil.

Tetapi, Ibu saya harus menelan kenyataan pahit bahwa sekolah (agamis) negeri pilihan Ibu saya untuk adik-adik, adalah sekolah yang tergolong cukup mahal. Terlebih lagi sekolah (agamis) swasta. Selain itu, pertimbangan lokasi sekolah dan transportasi juga menjadi kendala. Ibu saya mulai melirik sekolah umum negeri (SDN, SMPN, SMAN) yang saat ini terasa menggairahkan! Tahun 2009 adalah tahun pertama dimana rakyat Indonesia akan merasakan pendidikan gratis. Pemerintah sudah mulai membuka mata bahwa banyak orang Indonesia yang membutuhkan pendidikan gratis, di tengah krisis moral dan keuangan yang melanda sebagian besar rakyat Indonesia. Semoga hal ini bukan hanya menjadi wacana semata.

Dengan adanya program sekolah gratis yang diadakan pemerintah, artinya pemerintah berusaha untuk memudahkan dan memfasilitasi rakyatnya untuk mendapatkan pendidikan. Sehingga pemerintah berharap agar seluruh rakyat Indonesia akan mendapatkan pendidikan yang selayaknya. Teman-teman kita yang terpaksa berada di jalanan untuk mengamen, memulung, yang jualan koran dll yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena harus bekerja, sekarang akan mengecap manisnya bangku pendidikan. Siapa tahu justru dari mereka lah akan muncul penemuan yang brilian di masa depan. Hehe.
32138659-main_full1

Setidaknya itu yang saya tangkap, muncul pertanyaan selanjutnya, lalu pendidikan semacam apa yang akan didapatkan? Jika lingkungan pendidikan sudah tercipta dan kondusif, maka penentu kualitas pendidikan selanjutnya adalah masing-masing individu pembelajar. Sejauh mana mereka akan survive dan berusaha untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Namun, ada satu hal yang terpikirkan lagi, jika dilihat dari sisi psikologis anak. Sekolah gratis memang enak, tetapi melenakan. Ketika seorang anak sekolah di sekolah gratis maka ‘beban’ kewajiban untuk berusaha menjadi yang terbaik dalam pendidikannya akan berkurang, karena merasa bahwa orang tua mereka menyekolahkan mereka tanpa pengorbanan yang berarti. Hal ini berbeda jika orang tua menyekolahkan anaknya mati-matian di sekolah yang bertarif tinggi, karena anak akan memiliki rasa semangat yang memacunya untuk terus berprestasi, karena ia tidak mau membiarkan uang (orang tuanya) yang mengalir untuk sekolahnya–mengalir begitu saja–tanpa ada timbal balik berupa prestasi dari dirinya. Sehingga, ada baiknya jika kita (sebagai anak) memiliki sikap selalu hati-hati dan cermat dalam bersikap di kondisi apapun.

Apapun kendalanya, menurut saya kebijakan pemerintah untuk sekolah gratis ini benar-benar kebijakan yang patut diacungi jempol. Jika ada alasan polistis apapun dibalik kebijakan ini, bukan masalah yang penting bagi saya dan bagi sebagian besar rakyat Indonesia–karena toh kebutuhan akan pendidikan, dimana kebutuhan itu merupakan kebutuhan yang paling penting bagi kita telah terpenuhi.

Terimakasih pemerintah Indonesia. Walaupun telat (karena saya belum sempat merasakannya, hiks… :D) tetapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Hidup pendidikan Indonesia. Wahai anak bangsa, saat ini waktumu memajukan bangsa Indonesia. Lakukan yang terbaik dalam hidupmu juga Indonesiamu.

4 thoughts on “Sekolah Gratis, Siapa yang Gak Mau?

  1. @delufix :
    oke, tapi orang tua juga sebaiknya mengarahkan anaknya ke jalan yang baik dan benar😀

    @blackemo :
    jyah, ternyata seorang anak itu memang tahu mana yang terbaik untuk dirinya sendiri.
    Mau masuk ke SLB… pilihan yang bagus. Hohoho.

  2. sekolah gratis?
    mau donk!
    kuliah gratis ada kan wedth?
    mau donk!
    saya berharap, gratis atau tidak, semangat diantara pengajar dan yang diajar tetap membara, amien..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s