Idealkah Potret Calon Legislatif

Huh. Hal yang terlintas pertama kali setiap kali saya harus pergi ke kampus dan melewati jalan-jalan utama Kota adalah :
Betapa kumuhnya Kotaku saat ini–ralat, saat menjelang pemilu legislatif apalagi. Spanduk dan umbul-umbul tak kurang-kurangnya dipajang di setiap sudut jalan, poster-poster gantung dan tempel juga dipasang di sembarang tempat–mulai dari pepohonan hingga tembok rumah orang.
Sebenarnya mereka (baca : caleg) sadar nggak sih dengan apa yang mereka lakukan?–bombardir serangan spanduk dan umbul-umbul–justru membuat kita semakin nggak tertarik dan meragukan kemampuan mereka.
http://robbynovricanus.files.wordpress.com/2008/07/pemilu_copy.jpg

(gambar diambil dari : http://robbynovricanus.files.wordpress.com/2008/07/pemilu_copy.jpg)

Lha wong masih jadi calon legislatif aja sudah merusak keindahan tata kota–apalagi nanti kalo sudah jadi caleg, mungkin malah mereka tidak hanya merelakan pohon-pohon hijau itu ditempeli poster mereka, tapi bahkan mereka merelakan pohon itu ditebang untuk kepentingan mereka–membangun sebuah ruko, atau Mall mungkin.

Saya sebal juga dengan pendirian bangunan-bangunan besar yang nggak beraturan di beberapa tempat di Kotaku, mereka semata-mata menjustifikasi bahwa yang mereka lakukan adalah demi kepentingan masyarakat bersama, karena pajak bangunan tersebut bisa menjadi devisa Kotaku. Tetapi apakah memang hanya itu jalan yang harus dilakukan untuk menambah devisa Kotaku? Bisakah tanpa merelakan sebagian tanah resapan air di Kotaku? Tahukah kalian bahwa Kotaku menjadi sering banjir dan hawanya menjadi semakin panas.

https://i2.wp.com/jkt.detiknews.com/images/content/2008/02/27/10/baliho.jpg

(gambar diambil dari : http://jkt.detiknews.com/images/content/2008/02/27/10/baliho.jpg)

Hai para caleg yang sibuk memperebutkan kursi, mampukah kalian mengembalikan Kotaku menjadi kota Dreamland yang indah seperti dulu? Jarang banjir, penataan kotanya rapi dan teratur serta hawa yang sejuk?

Tunjukkan bahwa kalian bisa melakukannya! Jangan jadikan Kotaku menjadi Neverland!!

7 thoughts on “Idealkah Potret Calon Legislatif

  1. sebenarnya masyarakat pun suah muak dengan poster+baliho+pamflet+umbul2(ada gak sih umbul2 caleg??)..
    rasa-rasanya malah memperburuk pemandanan kota..

    Mungkin cara salah satu caleg ini bisa dicontoh (bukannya promosi sama caleg ini lo..) :
    dia mengadakan lomba esai “surat untuk wakil rakyat”..kalo gak salah sih gitu, pengumumannya ada di koran..

    walaupun ada balihonya yang abruk
    lihat :
    http://surabaya.detik.com/readfoto/2009/01/14/195532/1068528/473/1/reklame-charles-honoris-ambruk

    yah ..minimal dia sudah membuat sesuatu yang beda daripada caleg2 lain..

  2. @delufix :
    saatnya memanfaatkan team sukses yang jago IT!

    @andyan :
    hehe. iya juga.
    maunya begitu. Muda terus. Bukan pernah muda lagi…

    @juulpikar :
    yup. salah satunya pake surat2an gitu asyik! Masyarakat jadi merasa ikut berpartisipasi, tidak hanya bisanya nonton spanduk+baliho+poster… sudah rubuh pula..
    wew, ternyata parah juga ya… nggak cuma merusak pemandangan tapi juga merusak mata itu…

    @blackemo :
    malang juga jadi full of poster…

  3. keren mbak! Bisa menambah semangatku untuk rajin2 ngeblog.
    Sebenernya aku seringnya hot spotan, walau lemot tapi lumayanlah… karena gratis!

    mbak, ajarin aku bikin blog di wordpress dong…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s