MONKEY MAJIK

Lagu Monkey Majik yang membuatku jatuh cinta adalah : Together! (dari album yang dirilis tahun 2008, judulnya TIME). Suara vokalisnya bening banget. Permainan musiknya juga top. Kolaborasi antara suara, musik, dan lirik yang indah! Dijamin deh sehat dan baik untuk telinga dan otak kita!

Langsung deh aku cari informasinya di google, dan kata pakdhe google begini :

Grup band ini meski pertamanya lahir di Aomori, tapi perkembangan selanjutnya di Sendai lebih dominan.

Maynard Plant saat itu, setelah lulus dari Queens University, Canada mendaftar JET program dan jadi guru (bantu) bahasa Inggris dan ditempatkan di kota kecil di Prefektur Aomori. Biasanya memang, meski para peserta JET Program terutama untuk posisi Assistant Language Teacher (ALT) memang tak disyaratkan untuk mampu sejak awal dalam berbahasa Jepang, tapi itu tak mengurangi keakraban mereka dengan penduduk setempat. Cakupan wilayah kerjanya pun luas dalam sebuah wilayah penempatannya, tak hanya 1-2 sekolah, tetapi beberapa dan bisa jadi dalam berbagai jenjang (tergantung job description). Keberadaan Maynard dan hobinya bermain musik ini pula yang membuat ada hubungan pula antara program JET dan kelahiran Monkey Majik🙂.

Sejak Monkey Majik “menjepang” sekitar 2 tahun lalu, memang terasa aneh juga melihat susunan nama grup ini. Monkey-nya ditulis benar, tapi Majik-nya ditulis apa adanya berdasar pengucapannya dengan romaji, dan bukan majikku lagi (diambil dari lagunya Godiego band asal Inggris yang terkenal di Jepang, Monkey Magic).

Lebih dari itu yang membuat agak beda, karena vokal utama maupun vokal latar utamanya adalah orang asing (bukan orang Jepang). Lagunya pun hampir berkebalikan dengan lagu2 Jepang lain. Jika di lagu Jepang, syair2 bahasa Inggrisnya hanya untuk tambahan. Tapi ini sebaliknya, syair Jepangnya-lah yang untuk tambahan atau penggenap. Meski begitu, karena Maynard sendiri sudah “pera-pera” maka syairnya Jepangnya pun dilafalkan dengan sangat baik dan kadang punya makna bagus, seperti falsafah

itsudemo jibun ni maketeiru hito wa nani mo tsukamenai”

(orang yang selalu dikalahkan oleh diri sendiri tak akan mampu meraih apa pun)

dalam lagu “Around the World” yang dipakai sebagai theme song drama “Saiyuuki” di Fuji TV.

Personil asing lainnya tak lain adalah adik Maynard, Blaise Plant. Keduanya sebagai vokalis serta memegang gitar. Sedang orang Jepang lain adalah Kikuchi Takuya (drum) atau Tax yang Sendai-jin asli dan Dick sebagai bassist adalah Sapporo-jin. Lagu-lagunya yang dibuat berkolaborasi dengan penyanyi-rapper lain pun juga menghanyutkan (dan pasti ada promosi Sendai-nya), misalnya “Sotsugyou, Soshite Mirai E” (bersama SEAMO) atau “Picture Perfect” bersama M-Flo. Lagunya April lalu cukup bagus dalam mengekspos budaya Jepang, soalnya ada jagoan sanmisen Jepang (alat musik tradisional Jepang, tiga tali rasa :-)) yang diajak ber-”kolabo” dalam “Change“, Yoshida Kyoudai.

Setelah mendengarkan beberapa lagu Monkey Majik, ternyata ada beberapa nilai plus karya Monkey Majik dibandingkan group band lain (yang membuat saya betah ndengerin seharian!) :

  • Permainan gitar dalam setiap lagunya terasa sekali! Rasanya menggelitik di telinga, hehehe.

  • Background musik yang diramu dengan hebat banget! Easy listening sekalii! Di beberapa lagu juga mengkombinasikan musik dengan budaya Jepang. I like it!

  • Kombinasi antara bahasa Inggris dan Jepang dalam lirik lagunya. Bahasa jepang yang digunakan nggak terlalu susah bagi orang awam (seperti saya :D). Bahasa Inggrisnya juga nggak susah-susah amat, jad lebih mudah nyimak liriknya..

  • Logatnya pas sekali. Saat menyanyikan lirik Inggris (yaiyalah, orang Kanada gitu loh…), maupun lirik jepang (sumpah, awalnya kupikir ni aseli band jepang, bukan band blasteran!)

Wow, makin cinta deh ama Jepang😀, n lagunya juga!

33 thoughts on “MONKEY MAJIK

  1. @Arm :
    nggak semua kok, ada yang slow-slow.
    Tapi emang ada di beberapa lagunya yang pake ada nge-rap bahasa inggris,. tapi tetep oke kok,😀

    @juulfikar :
    iya, masih on progress ni jul, hehe,, maklum upload nya rada lemot..😦

  2. Keren kok.
    Saya suka aliran musiknya walaupun liriknya jepang campur2 b.inggris

    lagu pertama yg bikin saya kesengsem awalnya ‘Fly’. Semangat, jadi suka nyetel pagi2 buat doping, haha..

  3. wah monkey majik bagus2 lagunya
    apalagi lagunya yang together & aishiteru sama aitakute(yg l0m ada video klipny di youtube)
    suara vokalisny yg org kanada cukup berkarakter
    trus bhs jepangny jg lumayan

  4. Waah, slam knal,, trnyta bnyk jga sneng ma band monkey majik.. ^^

    kunjungin jga y blog gw (baru buat sih ^^a) tp lgsung diisi dg band ini.. Sekarang mau nyariin smua chord-chord lagu monkey majik, tp baru buat atu deh, yang pictufe perfect.. n_n

    ahmadismigaiden.blogspot.com kunjungin y!

  5. huwwaaaa….
    monkey majik asal muasal gw suka mreka dari
    M-flo.. gara2 lagi iseng-iseng download lagu M-flo – picture perfect love ft monkey majik..
    akhirnya tugas animasi gw pake konsep & background sound monkey majik- aishiteru..

    lagi nyari2 piano sheet monkey majik – aishiteru nih.. kalo ada yg punya bagi2 ya..
    thx

    1. salam kenal. kalo temen2 sekalian mau nyari chord lagu jepang. coba cari di xxxsound.jp disana banyak lagu jepang termasuk monkey majik. tada arigatou juga dah masuk. cuman syaratnya mesti bisa baca kanji. tapi kalo monkey majik pasti ketemu soalnya ditulis pake romanji. have fun

  6. Gara-gara nyari jingle coca cola one happiness dari berbagai versi, dapatlah yang vs jepang by monkey majik, eh ternyata asik banget, trus akhirnya googling siapa tuch monkey majik… lagunya uenak.. asli

  7. Saya suka lagu Fly pertama kali tau, sekarang open happiness.. buat yang belum tau monkey majik, coba dengerin aja, recommended banget. Pernah datang di Indonesia tahun 2005, coba bisa datang lagi pasti nonton aku???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s