Mari Membuat dan Mematuhi Jadwal

Membuat jadwal memang perkara yang mudah, karena yang susah adalah bagaimana mematuhi jadwal yang kita buat sendiri🙂. Hehe. Benar jika ada yang bilang bahwa disiplin itu tidak mudah karena butuh perjuangan untuk melakukannya. Langkah paling mudah untuk disiplin adalah biasakan diri kita terikat dengan suatu aturan atau jadwal dan terapkan sanksi/hukuman apabila kita sendiri melanggar aturan/jadwal tsb.

Berikut di bawah ini sharing tentang tips-tips bagaimana membuat dan mengatur jadwal yang baik :

  1. Buat agenda hal-hal apa yang harus dilakukan setiap hari. Buatlah catatan kecil di malam hari yang berisikan jadwal kegiatan kita keesokannya, kemudian tempelkan catatan tersebut pada tempat-tempat yang mudah dilihat.
  2. Catat agenda atau janji yang kita buat di sebuah organizer atau di reminder HP, beri tanda dengan warna yang mencolok atau alarm.
  3. Patuhi jadwal yang telah dibuat. Jangan sekali-kali kita melupakan jadwal itu ataupun menggantinya di waktu lain (jika tidak berbenturan dengan jadwal penting lainnya). Inilah salah satu contoh disiplin pada diri sendiri.
  4. Well, let’s get refreshed. Luangkan waktu anda untuk refreshing, jangan terlalu menyibukkan diri dengan rutinitas. Gunakan waktu refreshing sebaik mungkin, misalnya dengan berjalan-jalan, nge-net atau melakukan hobi-hobi anda yang lain, intinya luangkan waktu untuk diri sendiri. Namun jangan lupa waktu.
  5. Jangan menunda pekerjaan penting, karena kita akan kehilangan waktu untuk mengerjakan yang lain.
  6. Let’s get neat! Biasakan untuk memulai hidup rapi. Letakkan barang yang telah kita pakai di tempat semula, agar kita dapat dengan mudah mencari barang tanpa menghabiskan waktu.
  7. Lakukan evaluasi setiap malam, sebelum kita membuat jadwal untuk besok pagi. Identifikasi apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.
  8. State to ourselves. Berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jadwalkan semua kegiatan kita dengan lebih realistis. Kita yang paling mengerti keadaan kita, maka kita yang menentukan.
  9. Don’t blame other people. Jangan pernah menyalahkan orang lain atas pelanggaran itu. Mungkin benar Anda melanggarnya karena terbujuk rayuan teman-teman untuk pergi hangout bersama. Namun semua jadwal yang Anda buat beserta pelanggarannya adalah tanggung jawab Anda sendiri.

Ada yang pernah bilang, bahwa kebiasaan itu perlu dibiasakan hanya dalam 20 hari saja, karena pada hari yang ke-21 alam bawah sadar kita sudah terbiasa dengan pola jam biologis yang selama 20 hari sebelumnya telah kita terapkan sesuai jadwal.

Intinya, disiplin terhadap jadwal memang bukan hal yang mudah. Tetapi bukan berarti disiplin tidak bisa dilakukan. Biasakan disiplin terhadap jadwal mulai saat ini 🙂.

4 thoughts on “Mari Membuat dan Mematuhi Jadwal

  1. PEMBUKAAN
    selamat pagi, Iwed
    ISI
    aku juga ada reminder di hape,
    yakni jadwal untuk nonton spongebob dan naruto.
    wuahahahaha😆
    mengenai “kebiasaan itu perlu dibiasakan hanya dalam 20 hari saja, karena pada hari yang ke-21 alam bawah sadar kita sudah terbiasa dengan pola jam biologis yang selama 20 hari sebelumnya telah kita terapkan sesuai jadwal.”,
    itu bisa dilihat contohnya pada saat bulan Ramadhan.
    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf😮

  2. kayak iklan aja wedth, “dicoba saja dan rasakan manfaatnya”
    btw aku telah mengalaminya sejak SMP, dan kau tau, tidak lebih dr 1 minggu bertahan T^T
    tak salah untuk mencobanya [lagi?]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s