Bangga Jadi Orang Indonesia

Hari itu, adik saya yang masih kelas 1 SD menyanyikan lagu jadul yang pernah dibawakan Koes Plus sekitar tahun 70-an yang berjudul ‘Kolam Susu’. Ada petikan syairnya yang berbunyi begini:

Orang bilang tanah kita tanah surga… Tongkat batu dan kayu jadi tanaman…

Sedari dulu hingga sekarang, Indonesia memang negara yang kaya!

Nggak percaya?

Dari lirik lagu itu, saking suburnya Bangsa kita, diilustrasikan hanya: ‘Tongkat, batu dan Kayu’ aja bisa ‘jadi tanaman…’ . Tanahnya jelas pasti subur banget bukan?! Surga bagi manusia yang hidup di sekitarnya!! Kekayaan alam melimpah-ruah! Setidaknya ketika manusia sudah tidak memiliki uang untuk membeli bahan makanan, masih ada ladang dan kebun yang memiliki makanan ‘cadangan’ seperti ubi atau ketela misalnya.

Perlu bukti lainnya?

Belanda betah menjajah negara Indonesia sampe 3,5 abad, mengeksploitasi dan morotin kekayaan alam Indonesia lalu membangun negaranya! Lihat sekarang, Belanda kini menjadi salah satu negara maju di dunia. Berkat siapa? Indonesia! Ckckck, Belanda telah berhutang banyak nih dengan bangsa kita…

Terbukti kan, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya raya.

Tetapi, setelah tidak ada lagi penjajahan di Indonesia selama sekitar 65 tahun, masih ada aja rakyat Indonesia yang nggak nyadar bahwa Indonesia adalah negara yang kaya. Naga-naganya, terlalu banyak informasi yang memojokkan Indonesia dengan berita-berita miring yang alay (salah satunya kasus teroris, korupsi, kebohongan politisi, kemiskinan yang nggak selesai2, sistem pendidikan buruk, dll). Beredarnya berita-berita miring itu yang malah makin membuat generasi muda (termasuk kita) terhasut *ikutan miring*! Efeknya adalah menurunnya rasa bangga atas Bangsa Indonesia! Atau, bahasa PPKN-nya, menurunnya rasa nasionalisme bangsa. Generasi muda akan semakin bimbang dan tidak banggsa atas bangsa Indonesia.

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk ‘reenergizing’ semangat nasionalisme yang memudar adalah melalui kurikulum buku pelajaran. Bukankah, sejak SD kelas 3 sampai SMA kita diajari matapelajaran sosial, seperti: IPS dan PPKn?

Nah, sementara beberapa informasi mencecar, buku pelajaran harus mengimbangi dengan memberikan dukungan dan fakta kebenaran bahwa Indonesia itu negara yang keren, cool, kaya, melimpah-ruah SDA-nya, gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo..

Bukan fakta yang mengada-ada atau bohong, tetapi sekedar mengungkapkan kebenaran fakta yang selama ini tertutupi dan terkesan menguap entah kemana, saking kerasnya ‘gong’ fakta buruk yang berkembang di lingkungan sekitar tentang Indonesia.

Hm, coba perhatikan deh, ada beberapa fakta tentang ‘kelimpahruahan’ Bangsa Indonesia (yang kadang generasi muda nggak peduli):

  • Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
  • Tiga dari enam pulau terbesar didunia ada di Indonesia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  • Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  • Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia!! Sekitar 60% penduduk Indonesia (kira-kira 130 juta jiwa) tinggal di pulau ini. Padahal Pulau Jawa luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI. Bayangkan, kalau penduduk di jawa meluangkan uang koin 100 rupiah saja, setidaknya sudah terkumpul 13.000.000.000 rupiah = 13 miliar…. Ckckck, nggak sedikit itu gan! Nggak heran, sekarang banyak kegiatan-kegiatan solidaritas-sosial seperti pada kasus Prita dan Bilqis.

  • Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia: ada lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.
  • Negara muslim terbesar di dunia. Buktinya: jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia, jumlah masjid terbanyak di dunia dan negara dengan asal jamaah haji terbesar di dunia.
  • Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  • Republik Indonesia adalah negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan negara ke 70 tertua di dunia.
  • Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu. Bisa jadi karena suburnya tanah di Indonesia, para manusia purba betah tinggal di Indonesia ;p.
  • Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  • Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  • Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

  • Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  • Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

  • Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  • Binatang purba yang masih hidup : Komodo. Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo (NTT) adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  • Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  • Memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  • Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  • Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Kurang kaya apalagi Bangsa Indonesia?

Setidaknya dengan mengetahui bahwa Bangsa kita—Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya, kita dapat membangun kebanggaan atas Bangsa Indonesia. Memperkuat keyakinan serta kemauan untuk melestarikan, memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya alam Indonesia menjadi salah satu sumber devisa negara yang potensial selain TKI.

Adalah tugas para generasi muda saat ini (termasuk kita) untuk memajukan Bangsa Indonesia dengan meningkatkan kualitas SDM (baca: kita juga) supaya dapat mengolah dan melestarikan SDA bangsa kita. Mari kita majukan Bangsa Indonesia, jangan hanya mau menjadi penonton dari bukti kemajuan dan kedigdayaan bangsa lain! Jadilah aktor dalam perubahan bangsa!!

Sumber :

http://julidf.wordpress.com/2009/09/10/apa-yang-dibanggakan-dari-indonesia/#more-539

http://tjacing.files.wordpress.com/2008/11/coral_reef.jpg

http://www.formatnews.com/?act=view&newsid=38481&cat=128

http://astro.temple.edu/~tub07280/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s