Gagal yang Tidak Pernah Absen!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kegagalan adalah ketidakberhasilan. Sedangkan menurut saya, kegagalan adalah bagian dari keberhasilan. Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Kegagalan bentuknya bisa bermacam-macam, namun yang biasanya dialami oleh mahasiswa adalah: gagal mendapat contekan dari teman (lho?!), gagal membina hubungan dengan teman spesial, gagal mendapatkan tambahan uang kiriman, gagal mencapai IP yang memuaskan.. dan gagal-gagal yang lain!

Kegagalan, bagi sebagian orang—termasuk saya, jumlahnya berbanding lurus dengan jumlah target yang ingin dicapai. Intinya, dari sepuluh target, kemungkinan sepuluh-sepuluhnya selalu berstatus gagal!

Beberapa bulan yang lalu, saya gagal lagi melamar beasiswa short program di Jepang… alasannya sangat simpel, intinya karena : Universitas saya tidak memiliki jaringan kemitraan dengan Universitas tersebut L!

Padahal, saya sudah memenuhi semua persayaratan administratif program tersebut—dan pada persyaratan tersebut tidak dijelaskan secara eksplisit bahwa yang boleh apply beasiswa tsb harus dari universitas mitra!—so, saya pikir, saya bisa mendaftar! Awalnya saya sudah optimis bakal terpilih, atau setidaknya jadi kandidat! *ngayal mode on*, tapi ternyata… semuanya gagal pada tahap awal, hanya karena : masih ada yang memukul rata penilaian kemampuan individu melalui penilaian kemampuan universitas!

Ah, saya sempat down dan nggak mau ikut-ikutan yang kayak gitu lagi!!

Kemudian, saya bertanya dalam hati, “mau sampai kapan saya tidak produktif?”, saya teringat kutipan seperti ini : “Jika ketika kita meninggal, tidak meninggalkan apa-apa, lalu buat apa kita hidup?”, saya terbayang2 batu nisan dan kuburan! Teman, orang dengan gelar akademik sepanjang apapun pasti akan meninggal, dan di nisannya tidak akan ditulis gelar kebangsawanan dalam dunia akdemik itu… semua mahkota dunia benar2 harus ditanggalkan—menuju kepada kesucian ilahi. Lalu, apa yang bisa dikenang keluarga kita, teman-teman kita, bahkan bangsa dan dunia ini dari kita jika kita meninggal?

Maka dari itu, sebelum kematian datang menjemput… saya berniat untuk melakukan yang terbaik dalam hidup saya! Saya masih ingin mengaktualisasikan diri dan membuat orang tua saya bangga! Rasa optimis itu datang kembali! Mengenyahkan semua rasa pesimis yang sudah 8 minggu ngendon dalam hati dan otak saya! Bukankah dalam islam pun dianjurkan : “Bekerjalah kamu, seakan-akan kamu akan hidup 1000 tahun lagi. Dan beribadahlah kamu, seakan-akan kamu akan mati esok hari!”. Hikmah yang saya tangkap adalah: kita sebagai umat Islam harus TOTALITAS dalam melaksanakan segala sesuatu😀, jangan setengah-setengah! Optimis!

Akhirnya, sejak hari itu, saya melakukan revolusi besar-besaran pada target2 yang akan saya capai! Saya me-review kembali target apa saja yang akan saya capai jangka pendek dan dalam jangka panjang! Salah satunya adalah saya berusaha untuk mencari2 peluang short program di luar negeri! Saya ingin sekali merasakan bagaimana rasanya hidup di negara lain, memiliki teman/jaringan di luar negeri, dll… dan target itu saya akan usahakan tercapai selama saya masih berstatus mahasiswa😀.

Oke, sebuah langkah besar dimulai dari langkah-langkah kecil! Minggu-minggu sesudahnya saya mulai mendapatkan peluang (short program di luar negeri) untuk bangkit kembali dengan pintu-pintu keberhasilan lain yang menunggu saya. Ehehe. Sebut saja diantaranya:

  1. AMINEF
  2. ISFIT

Kalo untuk 2 program di atas, kebetulan tidak mensyaratkan embel-embel dari Universitas mitra… jadi, siapapun boleh daftar! Dari kalangan manapun boleh ikutan! Pada ajang inilah kemampuan kita benar-benar dihargai!

Ayo, kembali tata niat😀, mulai merajut mimpi kembali pada helai kain yang lain, dan mulai merencanakan masa depan yang lebih baik mulai hari ini!😀. semangat!

Ingatlah bahwa Allah swt tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengusahakannya!

2 thoughts on “Gagal yang Tidak Pernah Absen!

Leave a Reply

