Little Knowing About CodeIgniter (CI)

CodeIgniter (familiar as CI) is an open source web application framework that helps web programmer writes kick-ass PHP programs. In Indonesia, CI consists of 2 parts: Code and Igniter. Code means “Kode Program” and Igniter means “Pembakar”. So, CI means kind of system that can make you write the website code program in ‘short’ rowsJ. Well, shorter rows means easier way to write, doesn’t it?

Oke, selanjutnya berbahasa Indonesia saja yaa! #nyerah mode on

Pembaca yang berbahagia, di dalam dunia pemrograman (khususnya website), ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, seperti: HTML, ASP, XML dan PHP. Salah satu bahasa pemrograman yang sering saya gunakan adalah HTML dan PHP.

Untuk tahu tentang PHP, baca posting saya dengan judul Website, Makanan Apa Itu? (Well reader, it’s not exactly talking about the real food! ;)). Jika sudah tahu tentang PHP, yuk lanjut ke bawah bacanya…

CI merupakan salah salah satu dari sekian banyak framework PHP yang ada. CI dikembangkan oleh Mas Rick Ellis (see @ http://www.ellislab.com). Framework adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan kita dalam memprogram (coding), berisi kumpulan dari libraryberupa fungsi-fungsi/class-class yang kita butuhkan untuk membuat website. Framework tidak hanya digunakan di website, tetapi juga digunakan di bahasa pemrograman desktop—seperti misalnya file dengan ekstensi .dll (data link library) merupakan library untuk pemrograman desktop dengan bahasa pemrograman Visual Basic. File .dll bisa kita definisikan sendiri atau tidak (alias langsung comot dan copas)!

Tujuan dari CI adalah mempermudah programmer website dalam membuat maupun mengembangkan proyek website, sehingga dapat diselesaikan lebih cepat daripada membuat dan mengembangkan website dengan koding manual. CI menyediakan banyak sekali library yang dibutuhkan dalam pembuatan website, dengan interface yang sederhana dan struktur logika untuk mengakses pustaka yang dibutuhkan.

Selain CI, framework untuk website ada lagi jenisnya, seperti ZEND dan Symphony. Lalu, mengapa kita menggunakan CI? #coz the title said that😉, karena :

1.       Gratis

CI dilisensikan di bawah lisensi dari Apache/BSD style open source license, ini berarti kita dapat menggunakannya sesuai dengan keinginan kita.

2.       Berjalan di PHP 4 dan 5

Sekarang ini PHP sudah mencapai versi 5, tetapi masih banyak juga orang yang menggunakan PHP versi 4, oleh sebab itu CI dikembangkan agar tetap kompatibel dengan PHP versi 4 dan dapat dijalankan dengan baik pada PHP versi 5.

3.       Ringan dan Cepat

Secara default, CI hanya berjalan dengan meload beberapa library saja, dengan demikian hanya membutuhkan beberapa resource yang sedikit sehingga ringan dan cepat dijalankan. Library0library lainnya akan digunakan sesuai dengan kebutuhan program.

4.       Menggunakan MVC

CI merupakan lingkungan pengembangan dengan metode MVC (Model-View-Controlller) yang membedakan antara logika dan tampilan, sehingga tugas bisa lebih mudah dipecah-pecah. Ada bagian yang khusus membuat tampilan dan bagian yang membuat core programnya.

5.       Dokumentasi

Salah satu hal yang dapat dijadikan tolak ukur apakah sebuah aplikasi benar-benar dikembangkan atau tidak adalah melalui dokumentasinya. Dalam  hal ini, CI mempunyai dokumentasi yang lengkap tentang semua hal yang ada di CI. Mulai dari langkah instalasi hingga fungsi-fungsi yang tersedia. Dokumentasi ini juga memudahkan pemula dalam mempelajari lingkungan pengembangan website dengan CI.

6.       Library yang lengkap

CI dilengkapi dengan berbagai library siap pakai untuk berbagai kebutuhan, misalnya: untuk koneksi database, email, pengaturan session dan cookies, keamanan, manipulasi gambar, dll.

Uda jelas kan, kenapa framework CI itu penting dalam mempermudah kita dalam pembuatan website? Belum puas belajar tentang CI? Kunjungi aja situsnya CI di www.codeigniter.com, kita bisa download CI dan dokumentasinya juga, trus langsung install di server local kita J. Oke, reader.. Happy Coding with CI🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s