Make It Count : Happy New Islamic Year 1432 H

Bener gak ya tulisan judulnya di atas? Hihi. Eniwei, sebelumnya saya ucapkan selamat tahun baru Islam 1432 H. Semoga semangat perjuangan kita (maksudku perjuangan di bidang kita masing2, misalnya: siswa ya berjuang di bangku sekolah, mahasiswa berjuang di bangku kuliah dan masyarakat agar nanti ilmunya dapat
dirasakan langsung oleh masyarakat, para pekerja, dll.) tidak semakin surut, tapi semakin membara.

Eh, masih ada yang nggak semangat? Loyo? Wah, ke laut aja deh! Eh, bercanda kok😀. Begini, sadar dan bangunlah wahai pembaca, hanya orang yang tangguh dan memiliki semangat tinggi yang tidak akan tergilas zaman! Coba deh, update spirit kita dengan membaca biografi orang-orang penting dan hebat di zamannya! Seperti, baca biografinya Nabi Muhammad, sejarah-sejarah Khulafaurrasyidin (Abu Bakar, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abu Thalib), atau dari Indonesia seperti Bu Kartini, Pak Soekarno, Pak Hatta, Pak Pramoedya Ananta Toer, Pak BJ Habibie.. mereka adalah revolusioner di zamannya. Mereka mampu tampil beda dengan pemikiran mereka yang berbeda dari rata-rata pemikiran orang biasa saat itu, eits.. nggak hanya berani tampil beda, tapi mereka berani memperjuangkan mati-matian tentang pemikiran mereka dengan tujuan untuk membenahi kerusakan yang ada di masyarakat. Satu poin penting lagi, mereka juga orang yang peka dengan lingkungan, bukan orang yang anSos (a.k.a anti sosial).

Kaitannya dengan tahun baru apa?

Oke, Tahun baru adalah simbolisasi sebuah harapan, spirit dan misi baru untuk melangkah ke depan sesuai dengan visi kita. Ingat nggak bahwa sekitar 1432 tahun yang lalu, Nabi Muhammad memproklamirkan kemenangannya di Kota Mekkah dengan Fatkhul Mekkah lalu beliau hijrah ke Madinah untuk memperluas penyebaran Islam di Madinah. Rasulullah berjuang mati-matian selama 13 tahun menyebarkan agama Islam (yang notabene masih asing sekali) di tengah masyarakat jahiliah Mekkah. Sebenarnya penetapan tahun hijriah baru ada pada masa kepemimpinan Umar Bin Khattab, pertimbangan memilih saat-saat Rasulullah Hijrah ke Madinah—sebagai awal tahun Islam—adalah karena pada saat itu ada pada filosofi ‘HIJRAH’ yang bisa dicermati oleh umat muslim.

Hijrah artinya pindah, bergerak, MOVIN! Bergerak menuju kondisi yang lebih baik, dengan semangat dan usaha yang juga ditata. Buktinya, dengan hijrahnya Rasulullah dan pengikut-pengikutnya ke Madinah, wilayah perluasan Islam semakin luas dan kuat! Perkembangan Islam juga meluas di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, teknik, kesehatan dan budaya.
Nah, jika kita masih tidak mau bergerak alias STATIS gimana? Begini, mari kita analogikan seperti ini, Angin.. Angin terbentuk dari udara yang BERGERAK dari tekanan tinggi menuju ke tekanan rendah. Air Terjun juga begitu, terlihat menjadi indah karena air bergerak dari daerah yang lebih tinggi menuju daerah yang lebih rendah🙂. Lalu, gunung merapi, lempeng-lempengnya juga bergerak, lavanya meluap-lupa panas, hingga akhirnya tersembur ke permukaan bumi… mengaliri daerah-daerah persawahan /perkebunan masyarakat, lalu menyebabkan kesuburan pada tanahnya beberapa waktu kemudian. Lihat kan? Masa kita kalah dengan Angin, Air terjun, dan Gunung serta Rumput yang bergoyang—benda mati yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar?

So, jangan malas-malasan dong teman! Ayo, mulai detik ini kita bergerak! Movin! Bergerak menuju hal yang lebih baik dan wujudkan mimpi-mimpi kita dengan usaha! Sehingga masyarakat dan lingkungan di sekitar kita dapat merasakan energi positif dari hal yang kita perjuangkan😀.

7 thoughts on “Make It Count : Happy New Islamic Year 1432 H

  1. Ayo pindaaaa~!!!! *lhoo
    Mari kita tingkatkan semangat kita!
    Semangat untuk meningkatkan kualitas habluminalloh, habluminannas, hablummin anfusihim!
    Ayo hijrah!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s