6 Cities Networking by Tech In Asia Road Trip to Malang

Sesuai nama acaranya, acara ini diselenggarakan di 6 kota besar di Indonesia, dimana Kota Malang menjadi kota terakhir dari serangkaian road trip acara ini. Sebelumnya, panitia penyelenggara—Tech In Asia udah keliling 5 kota : Jakarta, Depok, Bandung, Jogjakarta, Surabaya. Walaupun Kota Malang jadi ‘juru kunci’ acara, tapi acaranya tetep meriah *prok prok* dan peserta hadir dengan penuh antusias—walaupun peserta ceweknya cuma bisa diitung dengan jari.

Peserta yang hadir rata-rata adalah anggota komunitas Stasion yang sudah sering ‘kopi darat’ di berbagai event meet-up para starter-ups di Malang dan usut punya usut semakin menjamurnya para starter-ups di Malang menyebabkan akan semakin banyak investor yang membentuk semacam inkubasi bisnis bagi komunitas starter-ups di Kota Malang.

Tujuan acara ini adalah sebagai wadah bertemu, ‘kopi darat’ dan komunikasi bagi para techs-geek, developer, starter-ups lokal, investor, pengusaha, marketing staff, mahasiswa dll. Acara ini diselenggarakan oleh panitia Tech In Asia. Tech In Asia adalah sekumpulan jurnalis dan blogger yang memiliki passion untuk menyampaikan berita-berita seputar teknologi di Asia, tujuan dari Tech In Asia adalah untuk membuat menyuarakan pada dunia melalui website berita tentang teknologi yang lagi happening dan booming di Asia. Anggota Tech In Asia yang rata-rata adalah para bloggers tersebar di berbagai wilayah di Asia. Lebih lengkapnya, baca aja deh official web Tech In Asia.

Pada acara meet-up di Malang, dihadirkan Pak Andreas dari ideosource, sebagai inverstor. Ideosource adalah sekumpulan orang berduit yang ingin membantu para starter-ups untuk tidak hanya segera execute the ideas, tapi juga segera launch the products, hingga grow up start-up baby into the company. Kayaknya kalau mau dapet ‘pembiayaan’ dan jadi partner dari Ideosource, starter-ups harus memiliki bussiness plan yang jelas deh, karena pendanaan yang digelontorkan tidak main-main bisa mencapai angka sebesar US $ 1 Million, wow… Portofolio pertama dari Ideosource adalah TouchTen, sebuah mobile game developer dari Jakarta yang masuk proses inkubasi sejak 23 Agustus 2011.

Setelah berbicara tentang investor, ada lagi sebuah presentasi yang menarik dari Cacoo Indonesia yang disampaikan langsung oleh Makoto-san dari Jepang, aplikasi ini memang dikembangkan dari negara Jepang sono. Cacoo dengan taglinecreate diagrams online and collaborate in real time’adalah sebuah software aplikasi untuk mendesain sebuah diagram secara online bersama anggota team tanpa terkendala jarak.  Saya berpikir konsep ini mirip dengan fasilitas Google Docs atau semacamnya, dimana satu atau sekelompok orang dari berbagai tempat yang memiliki hak akses yang sama, dapat melihat, menambahi dan mengupdate dokumen yang sama dalam satu waktu… dicoba aja free-trial nya Cacoo, karena sayangnya Cacoo ini aplikasi berbayar😦.

Di akhir acara, panitian Tech In Asia juga menginformasikan acara hackathon di Bandung, hackathon adalah kegiatan coding dalam waktu singkat untuk menghasilkan satu atau dua fitur atau aplikasi. For you guys, para geek, developer dan semacamnya yang tertarik dan ingin adu coding skill, silakan langsung daftar aja di official web Hackathon Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s