Chicken Stays, Eagles Fly

comfort-zone

Anda mau memilih yang mana? Memilih tetap menjadi Ayam atau terbang melihat dunia dan tepian cakrawala bersama Elang? Menjadi ayam maupun elang, sama-sama memiliki konsekuensi dan resiko, yaiyalah, masa ada sih seorang juara olimpiade badminton setingkat dunia kerjaannya santai-santai dan leha-leha di rumah? Saya yakin sebuah impian yang besar akan terwujud jika dalam proses pencapaian impian itu ada 4 hal : perencanaan yang realistis, doa (implikasinya ke self-motivation dan inner-faith), kerja keras dan kedisiplinan. Practices make perfect!

Setiap orang pasti pernah merasakan zona nyaman (comfort zone), tetapi tidak semua orang mau berubah dari zona nyaman. Zona nyaman adalah zona dimana kita merasa aman, damai, dan merasa ‘cukup’ dan merasa semua keinginan kita ‘sementara’ terpenuhi dengan kondisi kita saat ini. Nah, nature dari orang yang menikmati zona nyaman adalah : merasa tidak perlu lagi melakukan perubahan.

Berada di zona nyaman tidak melulu salah, tetapi yang kurang tepat adalah jika kita terlalu lama berada di zona nyaman. Ibaratnya, kita merasa puas dengan apa yang sudah dicapai saat ini, sehingga kita tidak mem-push diri kita untuk berubah dan meraih hal yang lebih baik lagi.

Tidak semua orang mau meninggalkan zona nyaman mereka (baca: bergerak, berubah). Karena perubahan itu sifatnya gambling, kita nggak tau apakah perubahan itu akan membawa kita pada kondisi yang better or even worse in the future. Sehingga untuk keluar dari zona nyaman, dibutuhkan niat, keberanian yang tinggi dan perencanaan yang matang.

Image

Nah, sudahkah kita mengevaluasi pencapaian (pekerjaan, tingkat kebahagiaan, dan kepuasan) kita hingga saat ini? Kita sendiri yang bisa menilai diri apakah kita sudah terlalu nyaman berada di zona nyaman? Jika iya, mungkin tidak ada salahnya untuk sejenak melihat kebelakang pencapaian-pencapaian kita selama ini dan menyusun ulang mimpi-mimpi dan tujuan hidup kita yang akan kita raih, kemudian memulai ‘lembaran baru’ perjuangan hidup untuk mencapai mimpi-mimpi dan tujuan hidup kita.

Mari kita siapkan diri kita untuk bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik. Kalau boleh memilih sih, saya memilih untuk menjadi Elang! Bersiap-siap untuk terbang, membuka cakrawala dan mendapatkan pengalaman baru.

8 thoughts on “Chicken Stays, Eagles Fly

  1. Sepertinya pernah baca kalimat ‘Chicken stays, Eagle fly’ ini di bukunya Rhenald Kasali yang Cracking Zone. Dahsyat sekali dan sangat menginspirasi kita buat langsung take action, make it (dream) happen. Salam kenal, komen balik juga di blog saya. Semoga bisa saling menginspirasi.🙂

    Salam Dahsyat!
    http://www.ifamu,wordpress.com

  2. Sepertinya pernah baca kalimat ‘Chicken stays, Eagle fly’ ini di bukunya Rhenald Kasali yang Cracking Zone. Dahsyat sekali dan sangat menginspirasi kita buat langsung take action, make it (dream) happen. Salam kenal, komen balik juga di blog saya. Semoga bisa saling menginspirasi.
    Salam Dahsyat!
    http://www.ifamu.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s