Reviewing My Favorite Retweet :)

(: Bukan untuk minta maaf. Saya memang udah lama nggak blogging. Alasan klasik : karena sibuk—walau sebenarnya dibalik kata sibuk itu ada alasan sebab-akibat: tidak bisa menyempatkan waktu untuk menulis, menganggap blogging tidak menjadi prioritas, sehingga aktivitas menulis blog bisa ditunda. Hingga saya sadar, pada akhirnya sudah hampir genap 9 bulan blog ini kering kerontang—tidak produktif—dan saya sedih banget. Pelajaran berharga yang dapat dipetik: penundaan adalah awal dari penyesalan.

Seperti biasa, pagi ini saya membuka twitter saya untuk tetap catch-up berita-berita terbaru. Ada 2 judul artikel yang menarik bagi saya (dan saya retweet). Artikel pertama dari huffington post yang membeberkan tips untuk tetap optimal walaupun jadwal lagi hectic; artikel kedua dari news ycombinator tentang kegalauan seorang programmer yang merasa hanya menjadi orang yang ‘rata-rata’ atau bahasa kerennya ‘mediocre programmer’.

Oke, saya bahas yang artikel dari news ycombinator ya.

Di dunia teknologi, dalam hitungan milidetik saja bisa terjadi banyak perubahan—algoritma baru, patch potongan code baru, update dari sebuah software/aplikasi—yang bisa membuat kita tercengang. Melihat kondisi yang sedemikian dinamis, akhirnya muncul perilaku membandingkan antara kemampuan diri sendiri dengan kemampuan orang-orang yang selalu update dan menurut kita di atas rata-rata. Muncul sebuah pertanyaan, kapan saya bisa memiliki kemampuan seperti orang itu? Mau sampai kapan saya menjadi programmer ‘rata-rata’ atau mediocre programmer?

Menariknya di forum ycombinator ini, jawaban/komentar-komentarnya sangat positif dan membangun, sehingga bisa memotivasi si penanya (yang mungkin lagi galau) untuk bangkit dari kegalauan🙂. Beberapa dari jawaban terbaiknya sudah saya rangkum dibawah ini:

  1. If you make something awesome in the next few years, you are ahead of the curve. Why not start today? Take an hour this week to look back at your own year’s accomplishments and I think you’ll find that you’ve done and learned more than you though. #Mulailah untuk mengawali kesuksesan di masa depan sejak sekarang. Kerja keras mulai sekarang. Jangan ada penundaan.
  2. Stop comparing your life to best parts of other people’s live. Compare yourself against your past self, not other people. #Membandingkan itu baik, tetapi jangan hanya membandingkan sisi positif dari orang lain saja. Kita harus belajar bagaimana orang tersebut mati-matian membangun sisi positif dalam dirinya. Sehingga perbandingan kita fair, apple dan apple.
  3. Decide what you mean by being a “better” developer. The ability to work in multiple languages? Having a deep knowledge of one language? Having a large portfolio of completed projects? What else? #Tentukan secara jelas dan detail gambaran tujuan yang ingin kita capai.
  4. Take a long view and take small steps consistent with achieving your big goal. #Jika sudah jelas tujuan kita, saatnya mengambil langkah yang konsisten untuk meraih tujuan kita.
  5. Keep on working. Practices make perfect.
  6. Develop a sense of curiosity, get into the habit of asking yourself why things are the way they are, even if you dont need to know the answer.

See, ada banyak pelajaran yang bisa diambil kaan? Ambil contoh, saya ingin mempelajari bahasa pemrograman Ruby, berarti saya harus meluangkan waktu mulai sekarang, konsisten selama 4 minggu, meluangkan waktu 2 jam per hari untuk belajar Ruby, semisal di online course web (salah satu contohnya: www.codeacademy.org), melalui Ruby Cookbook atau join di forum-forum developer. Mulai mengembangkan project-project sederhana yang mengaplikasikan bahasa pemrograman Ruby, karena practices make perfect. Dan yang terakhir, kalau sempat, sharing-sharing knowledge lewat blog. Maka kamu akan jadi programmer yang di atas rata-rata.

Nah, terlepas dari konteks programmer atau bukan. Sunnatullahnya untuk menjadi orang yang di atas rata-rata adalah mengaplikasikan 6 langkah tersebut sesuai bidangnya masing-masing. Nggak percaya? Silakan kalo mau membuktikan, tetapi syaratnya, luruskan niat dulu untuk menjadi lebih baik, kemudian jalankan langkah-langkah di atas.

Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain” (QS. Al-insyirah : 7)

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s