Singapore n Malaysia Trip #1: Berburu Tiket Promo

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang short-trip ke Singapore n Malaysia dan membuat passport. Ide untuk short-trip ini muncul ketika ada promo AirAsia. Di Bulan September 2013 ada promo AirAsia 0 rupiah terbang kemana aja (hanya bayar administrasi dan tax :p) diluar sewa bagasi (hemat euy!). Berbekal ingin ngisi passport, saya mengiyakan ajakan temen-temen kantor untuk escape from reality sebentar :p. Nah, saatnya cari pasukan untuk jalan-jalan! Nggak asik kan kalo jalan-jalan sendirian :p. Setelah proses ajak-mengajak, terkumpul deh total 9 orang dewasa dan 1 anak-anak yang akan ikutan short-trip ini. Awalnya ragu juga bakal kebagian promo seat atau nggak, karena promo seat biasanya terbatas, paling banyak 10% dari total seat yang ada.

Dimulailah perburuan mencari tiket promo. Untuk hunting tiket promo ini harus ekstraaaa sabar, ujian kesabarannya antara lain: koneksi internet lemot, tanggal yang diinginkan promo seat nya udah penuh atau ada promo seat tapi berangkatnya di tanggal-yang-nggak-barengan-padahal-kita-maunya-semua-berangkat-di-hari-yang-sama! Yaaaa, minimal beda beberapa jam aja ya nggak apa-apa *nyerah*. Akhirnya kita milih tanggal yang off season. Setelah mencari tanggal baik, ketemu deh tanggal berangkatnya 25 April 2014 (Jumat) dan baliknya 28 April 2014 (Minggu). Segera lanjutkan proses pemesanan tiket, ingat karena sebisa mungkin dapat tiket dengan biaya minim, nggak usah sewa bagasi dan pesen makanan di pesawat😀. Proses pemesanan selesai, cus tinggal bayar deh. Proses pembayarannya relatif mudah, terdapat pilihan pembayaran internet banking seinget saya. Harga yang perlu saya bayar adalah sebesar 320 ribu rupiah saja! Rinciannya : 100rb (SUB – KL) + 120rb (KL – SUB) + 100rb (pajak). Murah bingitt!

1 itinerary air asia

Yeay, tiket sudah di tangan! Saatnya menentukan bagaimana itinerary selama short-trip. Itinerary ini penting lho, biasanya itinerary mencakup hal-hal tentang mau nginep dimana, mau kemana apa aja, transportasinya naek apa, makanan halal dimana, etc. Kalau nggak ada itinerary yang jelas, mau ngemper di negeri orang? Bisa-bisa ditahan di bagian imigrasinya.

Okey, kembali ke pembahasan tiket. Wait, wait… bukannya short-tripnya ke Singapore dan Malaysia? Kenapa pesennya PP Indonesia (SUB) – Malaysia (KL) ? Gimana ke Singaporenya? Nah, rencana awalnya adalah : SUB – KL – bus/kereta ke Singapore – Singapore – bus/kereta balik ke Malaysia – KL – SUB. Kereta yang akan digunakan untuk perjalanan lintas negara itu adalah Kereta Senandung Sutera. Apakah kereta ini lewat jalur bawah laut? Tidaaaak, salah besar, kereta ini lewat jalur darat, memakan waktu 8 jam dari Johor Baharu ke KL Central. Pemesanan tiket kereta bisa dilakukan online, harganya sekitar 150 ribuan rupiah. Kalo pake rute itu, waktu kita terbuang 16 jam untuk perjalanan PP Malaysia-Singapore. Galau deh.

Ada berita baik di Bulan November 2013, ada low cost promo dari Tiger Airways terbang ke Singapore cuma 99 ribu! Temen kantor saya sebagai tour guide dadakan mengajukan ide untuk berburu tiket promo Tiger Airways dengan penerbangan SUB – SIN untuk malam hari tanggal 24 April 2014. Saya sebagai makmum, manut saja. Lagipula lebih hemat waktu perjalanan kan? Segera deh kami booking, alhamdulillah masih cukup seat-nya untuk bersepuluh sodara-sodara🙂. Lalu tiket AirAsia tanggal 25 April 2014 bagaimana? Tiket promo ini nggak bisa di-cancel, jadi ya biarkan aja. Uangnya ngga bisa di-refund😦. Untung aja promo, coba kalo bukan promo bisa *nangisdarah*, hehehe. Anyway, rute perjalanan diubah jadi : SUB – SIN – bus/kereta ke Malaysia – KL – SUB. Berapa harga tiket SUB – SIN yang harus saya bayar? Seinget saya sih, 180rb rupiah🙂.

2 tiger air schedule

 

Jangan lupa bawa uang 200rb rupiah untuk bayar pajak di Juanda, bahkan lebih mahal pajaknya daripada harga tiket ke SIN :p. Nah, kalau ditotal nih biaya untuk perjalanan pesawat SUB – SIN dan KL – SUB adalah cuma 700ribu rupiah. Harga segitu murah banget, kalo nggak ada promo harga itu bisa dipake untuk sekali jalan aja dari Indonesia ke Malaysia🙂.

name

 

5 thoughts on “Singapore n Malaysia Trip #1: Berburu Tiket Promo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s