LPDP Series #1: Persiapan Dokumen Beasiswa LPDP

Hi,

Kali ini saya mau bercerita agak serius tentang pengalaman saya hingga lolos menjadi calon awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari LPDP. Semoga bisa menjadi referensi buat temen-temen yang mau mendaftar beasiswa ini. Anyway, karena ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, pasti banyak unsur subyektivitasnya. Bisa jadi pada seleksi selanjutnya beberapa peraturan LPDP mengalami perubahan sehingga beberapa tips yang saya tulis (berdasarkan pengalaman saya) tidak dapat diterapkan sesuai kenyataan karena beberapa kondisi, jadi jangan timpuk saya pake bata ya ganšŸ˜€.

Mengetahui Informasi Beasiswa LPDP di Bulan Juli 2013

Saya pertama kali tahu informasi tentang LPDP di Bulan Juli 2013 dari blog motivasibeasiswa. Kebetulan saya follow blog itu, karena banyak postingan di blog itu yang bisa menghibur duka lara seorang pejuang beasiswa macam saya ini yang semangatnya timbul tenggelam kayak ombak di lautan.

Setelah membaca postingan tentang LPDP di blog motivasibeasiswa, saya jadi menemukan oase di tengah panasnya Surabayah *ini emang beneran*. Lantaran sejak tahun 2014,Ā beasiswa DIKTI jenis BPPLN diperuntukkan khusus untuk Dosen. Sedih? Iya tapi nggak pake banget, karena ada berita gembira dari LPDP kalo siapapun boleh mendaftar beasiswa dari LPDP asalkan Warga Negara Indonesia (berdasarkanĀ aturan dari LPDP tahun 2013:Ā Pelamar dengan status ā€œDosen Tetapā€ PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI). Akhirnya saya mantepin hati untuk mempersiapkan amunisi untuk mengikuti beasiswa ini tahun depan.

Tentang LPDPĀ 

Daritadi ngomongin tentang LPDP, apaan sih LPDP itu? LPDP memilikiĀ kepanjangannya Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan. Beasiswa yang ditawarkan ada limaĀ : Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Beasiswa Tesis Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran danĀ Beasiswa Presidensial (Top 50 ranking University). Apa bedanya? Silakan cekidot ke link masing2 beasiswa tersebut.

Screenshot 2014-09-03 10.42.37
Salah satu Foto yang saya capture dari website LPDP

Dananya didapat darimana? Baca halaman Sejarah.

Amandemen keempat UUD 1945 mewajibkan negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari APBN sejak lebih dari sepuluh tahun lalu. Setelah lima tahun, dalam rangka memenuhi amanat konstitusi, pemerintah mulai mengalokasikan anggaran untuk kepentingan pendidikan tersebut melalui APBN-P 2010.

Tahun 2010, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berinisiatif menyisihkan alokasi dana pendidikan tersebut ke dalam poin Dana Pengembangan Pendidikan Nasional melalui UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010. Undang-undang yang sama juga menetapkan bentuk dana kelolaan berupa endowment fund (dana abadi).

Saya tertarik untuk mendaftar beasiswa ini karena :

  1. Beasiswa ini dari Pemerintah Indonesia.
  2. Beasiswa ini membekali awardee nya dengan Pelatihan Kepemimpinan (PK) selama 1 minggu. Calon awardee baru mendapatkan SK Beasiswa setelah awardee lulus PK.
  3. Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun, dalam setahun ada empat kali seleksi. Hal ini berbeda dengan beasiswa dari luar negeri macam AAS, Fulbright, Monbukagakusho, Chevening, DAAD atau NESO yang dibuka setahun sekali.
  4. Beasiswa ini akan membiayai berapapun biaya yang kita butuhkan disana. Sehingga bisa dipastikan kita tidak sampai Ā mengemis cintaĀ bekerja part-timeĀ untuk memenuhi kebutuhan hidup kita.

Tapi ingat ya, uang beasiswa yang diberikan ini didapat dari APBN dimana pemasukan paling besar dariĀ pajak yang dibayarkan oleh rakyatĀ Indonesia. Sudah seharusnyaĀ awardeeĀ awasĀ dalam menggunakanĀ amanah uang rakyat ini. Jadwal seleksi BPI dari LPDP bisa dilihat di gambar ini.

Jadwal Seleksi BPI Tahun 2014
Jadwal Seleksi BPI Tahun 2014

Bergabung dengan Grup LPDP di Facebook

Teman saya mengajak saya untuk bergabung di Grup Beasiswa LPDP 2013 di Facebook. Grup ini bukan grup resmi dari LPDP, tetapi grup ini dimotori oleh beberapa senior yang telah menjadi awardeeĀ dari LPDP yang bertujuan untuk saling sharing berbagai macam informasi mengenai pendaftaran beasiswa LPDP. Grup ini sifatnya closed group, sehingga yang ingin bergabung harus ask to join terlebih dahulu, lalu diapprove oleh anggota grup. Saya sangat menyarankan untuk bergabung di grup ini, karena informasinya sangat-sangat-sangaaaat membantu saya dalam proses persiapan dokumen. Dimana daftarnya? Disiniiiii.

Mempersiapkan Persyaratan Dokumen

1. Mempersiapkan Nilai TOEFL

Ingat, jangan sekali-kalii mendaftar beasiswa LPDP dengan nilai TOEFL yang mepet dengan banned score nya, karena seleksi dokumen ini sangaaaaat ketat. Lebih bagus kalau nilai TOEFL yang digunakan untuk mendaftar beberapa poin di atas syarat minimal LPDP. Nah, ketika itu saya memprioritaskan untuk memperbaiki nilai TOEFL. Apakah saya langsung dapet nilai TOEFL tinggi? Kata siaaapaaa? Baca dulu post yang ini yašŸ™‚. Saya juga sempet baca kalau LPDP udah nggak nerima TOEFL ITP lagi, tapi minimal iBT atau IELTS. Lalu dengan berat hati *sambil lihat dompet*, saya ambillah TOEFL iBT di UB (cerita nyusul ya :D).

Iseng-iseng, saya tanyakan ke panitia, apakah harus pakai iBT untuk daftar LPDP? Eh, ternyata nggak harus. Ini capture email jawaban dari panitianĀ LPDP.

Capture jawaban dari panitia LPDP tentang ketentuan TOEFL
Capture jawaban dari panitia LPDP tentang ketentuan TOEFL

2. Meminta Surat Rekomendasi Atasan/Dosen

Di tengah perjalanan mencapai nilai TOEFL yang sesuai, diĀ bulan Januari 2014 kalo gak salah, saya mengawali tahun 2014 dengan pdkt ke beberapa Dosen untukĀ minta rekomendasi beliau bikinin sayaĀ surat rekomendasišŸ˜€. Saya kan udah nggak pernah beredar di kampus selama 2 tahun-lah, maka dari itu saya harus mulai Te-Pe Te-Pe lagi di kampus *errrrr.

Tips untuk meminta surat rekomendasi:

  • Hubungi dosen yang benar2 mengetahui track record kita selama di kampus (bisa Dosen PA, Dosen Pembimbing Skripsi, Dosen yang pernah bekerja sama dengan kita atau Ketua Jurusan dan Dekan).
  • Minta surat rekomendasi ke Dekan atau Kajur bakal meningkatkan penilaian kita di mata reviewer lho. Untuk kasus mencari sekolah di luar negeri, bagi mereka, nggak mudah mendapatkan rekomendasi dari Dekan/Kajur, only the selected ones lah yang bisa dapat rekomendasi dari Dekan/Kajur.
  • Buatlah draft surat rekomendasi (menurut kita sendiri, dari sudut pandang penilaian orang lain) sebelum menghadap ke Dosen. Dosen juga manusia lah ya, nggak mungkin beliau mengingat pencapaian kita apa aja bla bla bla. Nah dengan adanya draft ini akan sedikit membantu Dosen mereview ulang memori tentang kita *salahfokus*. Contoh draft dapat darimana? Ah, belom kenal Mbah Google ya neng? Cari tuh di google banyaaaak source-nya.Ā Kenapa saya ngga minta rekomendasi dari tempat kerja?Ā Karena saya nggak ada niatan balik ke tempat kerja saya sepulang dari studi, hehe *semoga ngga dibaca temen kantor ato pakboss*. Biasanya yang minta surat rekomendasi ke atasan di kantor itu kalo kita akan kembali mengabdi ke kantor tersebut (mostly kasusnya PNS). Nah, saya kan pegawai swasta.

3. Menulis Essay dengan Tema sesuai KetentuanĀ LPDP

Ini gampang-gampang sulit ya, essay yang diminta LPDP ada tiga tema: Peranku bagi Indonesia; Sukses Terbesar dalam HidupĀ dan Rencana Studi (untuk program Magister). Sesuai dengan motto LPDP adalah untuk mencetak pemimpin bangsa, nah, sebisa mungkin tonjolkan di essay bahwa kamu siap memberikan kontribusi positif untuk negara (jangan coba-coba berbohong di essay ini, kalo kalian ada niatan bohong, nanti pasti ketauan di sesi wawancara).Ā Saya mikir essay ini sampe berbulan-bulan, buat draft kasarnya, minta koreksi ke temen kerja, adik saya dan dosen, lalu saya revisi lagi, begitu seterusnya sampe hampir deadline ==”.

Sebagai referensi ada beberapa blog yang saya jadikan rujukan untuk membuat essay dari blog-nya Mas RidwanĀ dan beberapa contoh essay yang saya minta langsung dari temen di Grup LPDP di Facebook.Ā Essay ini bisa ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Saya sih pake Bahasa Indonesia.

4. Keaktifan di Organisasi
Nah, saya sewaktu mahasiswa nggak begitu aktif di kegiatan mahasiswa seperti HMJ. Kenapa? Bukannya nggak mau, saya dulu nggak keterima sih, gara-gara salah satu persyaratannya ada yang kurang. Nah, akhirnya saya banyakin deh aktivitas organisasiĀ di luar kampus. Contohnya : karang taruna, remaja masjid atau ikutan yayasan sosial lainnya. Seberapa pentingkah itu?Ā Penting banget. Nanti deh saya ceritakan di postingan blog selanjutnya tentang seleksi wawancara.

Apalagi ya? Ntar deh kalo ingat,Ā sayaĀ tulis lagišŸ™‚. Untuk lebih jelas mengenai persyaratan LPDP, bisa merujuk ke website LPDP.

Saat itu, saya berharap bisa mengikuti seleksi LPDP untuk periode April 2014. Namun, saya harus memupus keinginan saya lantaran nilai TOEFL saya tidak kunjung meningkat di atas 550 *brb nangis di pojokan*. Akhirnya dengan langkah gontai saya ikut di periode bulan MeiĀ 2014. FYI, pada saat saya mengikuti seleksi di Bulan Mei 2014, saya applyĀ tanpa LoA (Letter of Acceptance). Menurut aturan LPDP, LoA memang optional sih, toh LPDP akan memberi kita waktu 1 tahun untukĀ hunting LoAšŸ™‚. Semisal kalian udah ada LoA juga lebih baik, karena akan mendapat jadwal PK (Pelatihan Kepemimpinan) lebih awal.

Apakah LoA menjamin lolos tidaknya mendapat beasiswa LPDP?Ā Tidak. Saya punya 2 contoh real nih, pada saat sesi wawancara, saya bertemu dengan peserta, let’s say Si A dan Si B, yang udah punya LoA di ManchesterĀ University UK, while ada lagi satu peserta lain, Si C, yangĀ belum dapat LoA. Saya kira Si A dan Si B udah pasti lolos beasiswa LPDP karena udah punya LoA, dan Si C kesempatannya masih gambling lah. Ternyata, setelah pengumuman seleksi wawancara beasiswa LPDP, saya salah. Si A nggak lolos beasiswa LPDP, Si B dan Si C lolos. Artinya,Ā ada maupun tidak ada LoA nggak mempengaruhi kelolosan kalian di Beasiswa LPDP. Reviewer menilai your personality.

P.S : Update on 8 Oktober 2014. Ini saya lampirkan list Perguruan Tinggi (dalam dan luar negeri)Ā yang dibiayai oleh LPDP, cekidot di link ini.

Pesan saya, jangan berhenti berjuang sebelum mencoba tapi jangan menganggap enteng tantangan yang akan dihadapi. Allah has the perfect time.


P.S: Update per Tanggal 12 AgustusĀ 2014.

Bapak/Ibu Dosen PTN/PTS sudah bisa mendaftar Beasiswa LPDP. Berikut ini saya lampirkan surat edaran dari LPDP yang banyak di-share olehĀ salah satu awardee LPDP diĀ Facebook.

Surat Edaran dari LPDP tentang Dosen/Calon Dosen kini bisa apply LPDP
Surat Edaran dari LPDP tentang DosenĀ PTN/PTSĀ kini bisa apply LPDP

102 thoughts on “LPDP Series #1: Persiapan Dokumen Beasiswa LPDP

  1. Really helping mba, insyaAllah saya juga sedang mempersiapkan diri untuk apply beasiswa ini utk kampus dan jurusan idamanšŸ™‚ Nice Sharing and Caring!
    Michiko

  2. Salam Kenal Mbak Oktaviani,Terimakasih banyak atas informasinya yg sangat bermanfaat. Saya juga berencana mendaftar beasiswa LPDP tahun ini. Saya termasuk Newbie dalam melakukan aplikasi beasiswa.Jika mbak berkenan,saya memohon kesediaan mbak untuk bisa sharing essay
    ā€ Sukses Terbesar Bagikuā€, Essay ā€œPeranku bagi Indonesiaā€,essay rencana study, dan contoh surat rekomendasi yang dipakai mbak oktaviani saat mendaftar LPDP ke email saya di adrian.mahardika@gmail.com agar bisa saya gunakan sebagai gambaran essay yg akan saya tulis dan sekedar referensi.
    Terima kasih banyak atas bantuan mbak oktaviani. Semoga mbak diberikan kesuksesan dunia akherat..AamiinšŸ™‚

  3. salam kenal… Saya yuda, begini saya masih bingung tentang lembar surat pernyataan, ttg perguruan tinggi, apakah itu perguruan tinggi asal atau yang akan dituju, trima kasih.

      1. Salam kenal. Saya Nanda. Saya ada pertanyaan yg sama dengan yuda.
        Saya juga bingung tentang lembar surat pernyataan, tentang perguruan tinggi.
        Apakah itu perguruan tinggi asal (tempat saya lulus s1) atau yang akan dituju (target s2 saya).
        Lembar surat pernyataan yg dimaksud, adalah lembar surat pernyataan penerima beasiswa yang menyatakan tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa…, berkelakuan baik…, tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik, dll.

        Terima kasih banyak mbak.

  4. hAlo mbak,.
    mbak lewat jalur apa ya?
    Bisa gak liat tentang essay rencana studix mbak?
    cz sya juga tidak ingin balik ke tempat saya kerja klo sudah s2.
    apa yang harus kita tulis dsna? terimakasih,.
    Klo gak keberatan, mbak bisa kirim ke email, hjuardi@gmail.com.

    Makasih mbak

  5. Hai mba, sy mau tny ttg surat rekomendasi. Saya kerja di perusahaan swasta, rasanya juga tidak lanjut kerja sana kalau dpt beasiswa, kira2 perlu surat dr kantor tdk ya?
    Di cv online mba juga memasukan data sedang bekerja kan? Tp saat tdk ada surat dari kantor apa tidak jd masalah?
    Soalnya sy sudah minta tapi lama diberikannya, sudah dekat deadline LPDP lagi, jd saya bingung mba…

    1. Hi Naomi, kemaren sy daftar status masih pegawai, tapi sy ga minta surat rekom dari kantor n ga minta surat ijin dari kantor. Kalau yg seharusnya bagaimana sy kurang tau mba, tapi berdasarkan pengalaman sy ya seperti itu hehe.

  6. Wah membantu sekali mbak sharingnya…oya mbak…kalau mbak tidak keberatan bolehkan saya meminta contoh surat rekomendasi yang diberikan oleh dosen mbak oktavia? kebetulan saya diminta untuk menuliskan terlebih dahulu, beliau nanti hanya ingin mengedit saja apa yang saya tulis…

    Jika tidak keberatan email saya adhibhaskara@gmail.com mbak…

    terima kasih sekali mbak atas studinya…semoga mbak oktavia lancar studinya…ehehe..

    salam, aska

    1. Halo Adhi, salam kenal! Terimakasih uda mengunjungi blog saya. Banyak sekali contoh surat rekomendasi di google tinggal diedit sesuai kondisi dan disesuaikan dengan posisi pemberi rekomendasi, jadi deh draft surat rekomendasinyašŸ™‚. Good luck!

  7. Hai Dewi, thaankies banget untuk sharingnya. Lengkaaap dan enak dibaca. Oh iya, untuk topik esainya ini apakah selalu sama tiap tahunnya? Lalu LPDP ini sendiri ada ikatan harus kembali ke Indonesia tidak stlah lulus?

    Thaaanks again!šŸ˜‰

    1. Haiii Bhellaaa, telimikiciiii uda main ke blog akuu. Untuk tahun depan aku ngga ngerti temanya berubah apa ngga, cek di halaman pendaftarannya aja Bhell. Tapi kayaknya sih samaa. Mao lanjut S3 yaa? Coba aja apply BPRI Bhell.

      Tentang ikatan dinas, nggak ada ikatan dinas dengan LPDP. Tapi setelah sekolahnya selesai sebaiknya pulang ke Indonesia.

  8. Assalamualaikum mba oktaviani, makasi banyak untuk sharingnya..
    pengalaman mba sngat berharga bagi kami yang pemula memburu beasiswa..
    nda mhgau tanya ni mba untuk LPDP Afirmasi scor toefl berpengaruh gak?
    karena ada saya dengar utk lpdp afirmasi bahkan tidak diminta.. mhgakyrasi mba

  9. Hi mba okta, saya baca blog ini dan membantu. Oya, aku mau tanya waktu itu mba okta pakai ielts atau toefl? Band Aku masih belum bisa sampai ke target. Hiks

  10. salam kenal mba,

    saya senang membaca blog mba mbuat saya lebih semangat untuk apply lpdp 2015 inišŸ™‚ semoga saya bisa keterima juga ya aamiin. saya mau bertanya, saya kan fresh graduate sekarang sedang melamar kerja juga sambil mengisi waktu luang jika saya keterima s2. nah saat saya mendaftar lpdp untuk maret 2015 ini status saya masih fresh graduate, andaikata saya lolos hingga tahapan pk nanti dan ternyata saya sedang bekerja apakah perlu mengubah status di akun lpdp dengan menambhkan surat izin dari perusahaan atau saya lsg mengundurkan diri saja dari perusahaan?

    mohon pencerahannya yamba :)) terima kasih banyak

    1. Halo Nita, wah begitukah? Amin, semoga bisa bermanfaat postingan ini. Bisa, apply LPDP walaupun statusnya sedang bekerja sbg karyawan swasta dan (menurut pengalaman saya) tidak perlu menambahkan surat izin dari perusahaan. Saran saya, jangan mengundurkan diri dulu sebelum keterima LPDPšŸ˜€. Sukses buat seleksi LPDPnya!

  11. Malam mbak,,,,
    mau tanya soal LoA. Setelah mbak lolos jadi awardee. Nah habis itu mbak langsung incar ke berapa univ untuk dapat LoA? karena saya baca dari salah satu senior LPDP univ masih bisa diubah dalam keadaan tertentu untuk mengejar LoA dan ternyata kita berhasil dapat LoA dari univ yg berbeda dari yang kita cantum saat pendaftaran LPDP, ngga jadi masalah kan?
    terus sekarang mbak kuliahnya dimana?

    makasih mbak

    1. Halo Ivan, maaf baru balas komen. Iya, setelah menjadi awardee LPDP, kita diberi waktu 1 tahun untuk mencari LoA, boleh membidik beberapa kampus. Jika mendapat LoA dari kampus yg berbeda dari saat kita mendaftar diperbolehkan, asal perpindahan kampus dilakukan 1x dan kampus tujuan barunya setidaknya memiliki ranking lebih baik dari kampus tujuan sebelumnya. Jika kampus tujuan barunya memiliki ranking lebih rendah, masih bisa dimungkinkan pindah universitas, tetapi harus melampirkan alasan2 yang logis mengapa mengajukan pindah ke universitas tsb. Kampus tujuan sy di Waseda Univ Jepang. Semoga sukses aplikasi LPDPnya!

  12. Saya ada rencana mau apply untuk yang bulan Januari 2015 ini. Saya sebelumnya sudah pernah mengurus surat rekomendasi ke dosen saya pada bulan Juli tahun 2014 yang lalu namun karena satu dan lain hal (saya sibuk kerja) saya belum sempat mendaftar di LPDP. Boleh ga sih saya pakai surat yang tanggalnya masih Juli 2014? Atau saya harus minta lagi? Tapi saat ini saya sibuk kerja sehingga ga ada waktu untuk balik ke kampus dan deadline udah mepet.

    Lalu pertanyaan yang kedua adalah, kalau Waseda ada entrance examinationnya kah? atau langsung seleksi dokumen aja? saya juga berniat S2 ke Jepang dengan univ tujuan Hokkaido atau Waseda. Tapi sebelumnya saya sempat baca untuk yang engineering, Waseda tuh ada entrance examination di Jepang.

    Mohon tanggapannya, Terima Kasih ya.

    1. Halo Fristy, salam kenal. Wah, maaf sekali saya baru jawab sekarang, sementara uda lewat deadline yg bulan Januari. Sy sendiri kurang tau tentang surat rekomendasi dosen apakah ada masa expirednya, hehe. Kebetulan di Graduate School Waseda yg saya pilih, untuk foreign applicant tidak ada entrance exam, tetapi u/ domestic applicant ada. Namun sepertinya tergantung policy masing2 GS. Semoga membantu. Sukses buat aplikasinya ke Waseda!! Terimakasih.

  13. halo mbak. makasih bgt sharingnya. aku dari tahun lalu berburu LPDP dan udah kepedean dengan LoA yang aku dapet, tapi desember lalu aku gagal. ternyata bener bener ga jamin ya mbak. kalo boleh tau sekarang pake ITP Toefl gapapa ya mbak? ILETS ku expiredšŸ˜¦
    trus mbak dulu bikin essaynya berapa panjang? aku butuh awardee yang mau share pengalamannya mbak..

    1. Halo Ragil, jangan berhenti mencoba ya, coba lagi u/ seleksi di tahun 2015! Sy daftar tahun lalu pake ITP, untuk tahun 2015 juga masih bisa pake ITP. Essay yg saya buat dulu 500-700 kata. bikin essay yang menarik mas, essay nya tonjolkan kontribusi apa yang akan diberikan u/ Indonesia. Good luck Ragil!

      1. iya mbak. saya lagi mulai proses daftar baru lagi. ga bakal berhenti buat ngejar inišŸ™‚
        kalo boleh tau mbak S1 nya dimana ya mbak, soalnya saya liat mbak sempat tes TOEFL di UB. Brawijayakah? kebetulan saya alumni UB. trus sekarang mbak kuliah dimana?
        karena saya bingung gimana caranya ngurus Ijazah dan transkrip yang versi English.
        maaf banyak tanya ya mbak..

      2. saya S1 di Univ. Negeri Malang, insyaallah akan melanjutkan di Waseda Jepang. Kalo ijazah n transkrip versi inggris sy dapet dari kampus. Mungkin kamu bisa ke sworn translator yg ada di MalangšŸ˜€.

  14. Halo mbak Oktaviani.. Thanks much untuk sharingnya ditengah gelombang kegalauan mengejar beasiswa LPDP.. Saat ini saya sedang mengejar score IELTS.. Jika mbak tidak keberatan, apakah saya boleh dikirimkan contoh surat rekomendasi dan contoh essay ke email susy.guo08@gmail.com?

    Terima kasih banyak atas bantuannya.. Semoga Tuhan membalas dengan segala kebaikan dan kelimpahan berkat bagi mbakšŸ™‚

  15. Hi Oktaviani Dewi.
    Salam kenal. Informasi dan sharingnya sangat membantu sekali. Mau minta advise nya soal referensi, kalo andaikan saya mintanya ke mantan bos, boleh ga ya? Atau prefer lebih ke mantan dosen pembimbing aja?

    Terima kasih.

    1. Hi MonikašŸ˜€, salam kenal. Surat rekomendasi boleh minta ke dosen/atasan. Kalau menurut sy pribadi, kalo uda bekerja dalam waktu yang agak lama mungkin lebih baik minta ke mantan bos, karena yang tau kinerja kamu beberapa tahun terakhir adalah atasan. Sukses untuk aplikasi LPDPnya!!

  16. Salam kenal Mba Oktaviani Dewi,
    Salut sama blognya.bahasanya lugas singkat dan jelass.. hehehe
    Mba aku mau tanya, sempet baca kalo waktu mba daftar lpdp posisinya mba masih kerja ya? Trus pas ada pengumuman keterima LPDP mba posisinya udh resign apa gmn mba? Kalo posisinya masih kerja, mba ikut Pelatihan Kepemimpinan atau Persiapan Keberagkatannya ijin gt ya dari kantor?

    Makasih ya mbaa sblmnya atas responsnya

    1. Halo Mba Fitrieratna, salam kenal dan terimakasihhh, ini post nya agak belepotan haha. saat mendaftara beasiswa sampai PK, saya masih kerja. IJinnya ya saya bilang jujur, ada pelatihan beasiswa.

  17. Hai mbak Oktaviani.
    Salam kenal. Tulisannya enak sekali dibaca. Saya mau minta saran nih. Lebih baik pilih perguruan tinggi tujuan yang dalam negeri atau luar negeri ya waktu daftar online. Kata teman saya, lebih baik dalam negeri dulu, karena nanti lebih ganti bila ingin pindah ke luar negeri, jika sudah diterima jd awardee. Katanya akan lebih repot bila awalnya pilih luar negeri terus ganti dalam negeri, karena dikatakan downgrade. Mohon sarannya.
    Terima kasih

    1. Halo Mas Agus, salam kenal. Nanti setelah menjadi awardee BPI bisa mengajukan 1 kali perpindahan universitas (baik DN-LN, DN-DN, LN-LN) dengan syarat grade univ tujuan harus lebih baik daripada univ tujuan sebelumnya. Selamat berjuang!!

  18. hai mbak oktaviani
    saya mau tny
    kan sy sdh d nyatakan lulus tes wawancara tp sy blm pny sertfkt ielts n loa.kebetulan sy mmlh univ di austrlia. mnrt mbak apakah sy hrus tes ielts dlu n trus apply ke univ sndiri? ato pihak dr lpdp yang akan mengarahkan?
    dan juga sy mau tny mbak kegiatan pengayaan itu sperti ap si?
    terima kasih sblmnya sharingnya.

  19. halo mba oktavianidewi,
    Mba, memilih untuk ke waseda ya? ikut program kuliah yang menggunakan bahasa inggris atau bahasa jepang mba? kalo kuliahnya bahasa jepang harus n2 ya?

    1. Halo Arum, iya betul di Waseda. Kuliahnya ada yang disediakan pake bahasa inggris dan jepang. Saya pilih matkul yang pake bahasa inggris. Untuk S2 dan S3 kayake ngga ada ketentuan harus level berapa bahasa jepangnya, untuk S1 mungkin ada.

  20. Assalamualaikum, Mba Dewi
    seneng mba, baca blog nya..
    maaf mba Dewi, saya ingin bertanya
    saya ada rencana apply beasiswa LPDP – Insya Allah
    untuk surat rekom dari dosen itu, apakah harus dosen tempat kita kuliah dulu atau boleh mohon rekom nya pada dosen yang kenal dan akrab baik dg kita meskipun tidak dari kampus tempat kita dulunya kuliah di situ?

    Thanks a lot, mba Dewi

  21. Halo Mba,
    Postingannya informatif bagi saya, terima kasih sudah sharešŸ™‚
    Saya mau tanya untuk surat rekomendasi, jadinya apakah mba hanya menggunakan satu surat rekomendasi saja yang dari universitas atau bagaimana ya?
    Saya sedang bingung karena sekarang saya sedang tidak bekerja, sehingga kemungkinan yang ada hanya meminta surat rekomendasi ke dosen.

  22. Halo! Saya mendapatkan alamat blog ini modal google. Cuma mau menyampaikan terima kasih atas informasi yang sudah dibagi. Sukses ya!

  23. mbak mau Tanya, daftar LPDP itu otomatis daftar ke univ. tujuan kita apa kita daftar dulu ke univ. tujuan kita baru daftar LPDP?

  24. Hi Mba Oktaviani Dewi.
    Saya mau tanya dong. saya kan bekerja di perusahaan swasta agak bingung untuk meminta surat izin atasan. kalo boleh tau ketika mba melamar beasiswa LPDP apakah melampirkan surat izin atasan?

  25. Hallo mbak Okta salam kenal
    mbak mau tanya tentang LOA. LOA itu apa dan gimana cara dapatkan LOA …
    Posisi saya sudah diterima di Univ. Pengen nyoba LPDP untuk Tesis.
    oya mbak kalau tidak keberatan apakah saya boleh dikirimkan contoh esai dan personal statementnya mbak. Ini alamat email saya scoorpeace@gmail.com
    terimakasih sebelumnya mbak

  26. Mb saya mau tanya untuk toefl nya..sy mau tes di briton tapi sy bngung tes institutional ma itp beda ya? Kata briton beda..hrganya jg beda. Sy jd bngung

  27. Salam kenal mb Oktaviani, saya mohon bimbingan, saya bekerj di institusi pendidikan (PTS), tetapi saya lulusan s1 dari PTS lain, jika saya membuat surat rekomendasi, lebih baik yang mana menurut mb oktaviani, surat rekomendasi atasan (Ka prodi) atau surat rekomendasi Kajur PTS asal sy lulus? Terimakasih banyak sebelumnya y mb..

  28. Assalamualaikum, kakak Dewi…ih sudah jarang lagi ketemu di bbm sosmed dsb, eh moro2 onok blog…yo wess, jan mbak sito iki mbois tenan, melok bangga…saya baca blog mbak..insyallah semoga dipermudah niat saya ini untuk ikut juga…semoga Allah menakdirkan kita reunian di jepang…bismillah..sukses yo wed, ndang rabi…gowoen mas mu cahh

  29. Assalamualaikum mba, saya mau tanya, saya kan kuliah di Politeknik, nah degree saya nanti Sarjana Sains Terapan(SST) apa saya bisa mendaftar ke universitas di luar negeri? dan kalau bisa universitas seperti apa yang saya bisa apply?
    terima kasih mbašŸ™‚

  30. Mbak,
    Saya tertarik di bagian surat rekomendasi, nih. Kebetulan saya juga karyawan swasta dan ngejer LPDP supaya bisa jadi dosen, jadi nggak berminat balik lagi ke kantor lamašŸ™‚. Walaupun status saya ketika nanti wawancana misalnya, masih karyawan, apakah tidak dipertanyakan soal surat izin atasan dan rekomendasi atasan?

    Thanks for sharing ya, Mbak.

    1. Halo Pritta, saat itu saya nggak ditanyai detail tentang surat rekomendasi darimana. Tapi kalau bisa melampirkan surat rekomendasi dari atasan, walaupun nantinya tidak akan kembali ke kantor tersebut, saya rasa tidak masalahšŸ™‚. Yang penting isi dari rekomendasinya valid hehe. Goodluck!

  31. Halo mbak,
    Saya mau nanya, salah satu persyaratannya kan rencana perkuliahan dimulai paling cepat 6 bulan setelah penutupan beasiswa, apakah sudah terlambat kalau saya mendaftar untuk periode oktober atau november ini untuk tujuan ke Jepang? karena di jepang kan perkuliahan dimulai bulan april. Kemudian bagaimana dengan research student? karena setahu saya kebanyakan univ di Jepang mensyaratkan calon mahasiswa harus ikut program research student dulu. Maaf kalo kebanyakan nanya hehešŸ™‚

    1. Halo, Andri
      iya persyaratan dari LPDP tentang awal perkuliahan harus minimal 6 bulan dari daftar LPDP.
      Saran saya kalau bisa ikut yang September ajašŸ˜€. Kalo LPDP sebenernya ngebiayain master studi aja selama maksimal 24 bulan. Semisal ada 6 bulan riset student ya biayanya dicari sendiri.

  32. Hi!šŸ™‚ Salam kenal. Mau nanya. Kalau pasca lulus S2, ekspektasi pihak LPDP kpd kita selanjutnya bagaimana? Apakah ada perjanjian kerja? Kalau enggak, apakah ada akses dimudahkan u/ bekerja di institusi pemerintahan? TERIMA KASIH!šŸ˜€ Have a nice day!

  33. Kak, sy mau nanya.? Apakah bisa kalau sya dari PTS dan udah akreditasi BAN-PT tp masih C bisa mengikuti seleksi LPDP, butuh pencerahannya kak, karena sy tidak puas dg pendidikan sy, dn segera ingin ambil master di queensland.

  34. Salam kenal mbak….
    Saya mau tanya tentang format rencana studi yang mengambil di luar negeri apakah sama dengan mengambil beasiswa yang di dalam negeri? Mohpn penjelasanya soalanya saya mau daftar untuk periode ini. Dan kalau bisa tolong kirim formatnya juga.Terima kasih sebelumnya

  35. Halo, kak. Perkenalkan saya Aiva. Saya mahasiswa smt 5 dari suatu univ dan kebetulan saya ingin sekali mendaftar beasiswa LPDP tapi saya merasa CV saya masih jauh dari standar. Nah, mumpung saya masih kuliah dan masih ada bbrp smt sampai lulus jenjang profesi, saya ingin memperbaiki CV saya. Apasih tips dan trik yang mbak lakukan selama kuliah biar bisa memperbaiki CV? Terima kasih sebelumnyašŸ™‚

  36. Hai mbak oktavianidewi, seneng deh baca postingan mbak d atas membantu membuka pikiram lebih luas soal lpdp, mbak klo tidak keberatan bolehkah saya meminta contoh essay mbak dulu yg sukses terbesar dalam hidupku dan kontribusiku bagi indonesia. Ini alamat email saya dinip08@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya mbak

  37. Hai mbak oktavianidewi
    Salam kenal
    seneng deh baca postingan mbak d atas membantu membuka pikiran lebih luas soal lpdp, mbak klo tidak keberatan bolehkah saya meminta contoh essay mbak dulu yg sukses terbesar dalam hidupku dan kontribusiku bagi indonesia. Ini alamat email saya dinip08@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya mbak

  38. Mba, saya mau nanya, waktu itu mba tes toefl itp dimana? Kan banyak penyelenggara toefl itp, yang diakui oleh lpdp yang dimana ya mba?

  39. Mba saya juga alumni dari Universitas Negeri Malang asal Manggarai flores NTT,Kemarin saya dftar pada periode 2 tahun 2016 yang akhir pendftarannnya awal april,sedangkan saya daftarnya tgl 30 januari..nah sayakan milih S2 pendidikan Fisika UM dan otomatis kuliahnya bulan agustus…mba itu masih bisa diproses g mba? Persoalannya kan waktunya kurang dari 6 bulan? Tksh

  40. Hi, terima kasih ya info nya bagus sekali dan insha Allah membantu kami yang akan berjuang. Tapi ada satu nih yang saya masih bingung, mudah2an kamu bisa bantu. Gini, katanya bagi yg belom ada IELTS masih bisa lolos, karena ada temennya temen aku yg ga ada IELTS tapi pake TOEFL ITP yang skornya juga di bawah syarat. Tapi dy alhamdulillah lolos. Nah, sdgkan saya skor IELTS nya cuma 6 huhuhuhu…
    ada yang bisa bantu say di sini? karena sekarang ielts gila2an harga tesnya

    tkyou

  41. hallo mba..saya citra dewi lulusan yogyakarta. untuk tes toefel itp menurut mba lembaga yg sudah ets dan sesuai lpdp kira2 sepengetahuan mba selain di ugm bisa di mana mba? trmksih.

  42. halo mba,
    Mau tanya, untuk daftar LPDP ini apakah ada perbedaan chance antara lulusan fakultas akreditasi A dan akreditasi B ?atau ada penjelasan akreditasi fakultas yg diterima. Mohon informasinya.
    Terima kasihšŸ™‚

  43. halo mbk, terima kasih banget buat infonya. sy mau nanya, kalau misalnya sy sudah punya LoA dari UM dengan prodi s2 pend.kimia.. tpi waktu daftar online itu,,gak ada pilihan S2 pend.kimia nya mbk,,krna akretnya masih B, nah,,artinya gak bisa ngambil prodi itu mbk?

Leave a Reply

