Sukses ku, Sukses kamu, dan Sukses kita

Inilah fenomena negeriku : ketika semuanya dinilai dari apa yang tampak, bukan dinilai dari apa yang tidak tampak. Ketika gengsi jadi pertimbangan benar-salah. Ketika yang si kaya membutuhkan pengakuan atas kekayaannya dan si miskin pun tidak mau kalah dengan bergaya punya agar dianggap kaya. Semua dinilai dari sisi materi.

Apa yang salah dari hidup sederhana? Gengsi makan lauk hanya tahu-tempe? Toh makan pizza pun, 8 jam kemudian akan tetap lapar. Jadi buat apa buang-buang uang untuk sekedar membeli gengsi?

“Hidup sederhana dan bersahaja seharusnya sederhana lumrah, dan biasa saja. Tapi, entahlah belakangan hidup sederhana dan bersahaja itu menjadi tidak sederhana dan tidak lumrah, di kota-kota besar di negara kita.”

ngaji di Nottingham

Success is to be measured not so much by the position that one has reached in life as by the obstacles which he has overcome. – Booker T. Washington

mahasiswa_ku Sebagian Mantan Mahasiswa Saya (Dok. Pribadi)

“… Alhamdulilah Cak, Si Anu sekarang bekerja di perusahaan XYZ di Jakarta, bahkan sekarang sudah ambil kredit Mobil lho.”

Itu adalah salah satu penggalan wawancara eksklusif saya  dengan salah satu mantan mahasiswa saya di satu kesempatan. Kebetulan mahasiswa tadi adalah salah satu dari angkatan pertama (i.e. 2009) yang pernah saya ajar. Lebih tepatnya, angkatan kelinci percobaan pertama saya dalam rangka belajar mengajar di salah satu kampus tersohor di kota Pahlawan. Karena kelinci percobaan pertama, saya nyaris hafal semua nama dari mahasiswa yang jumlahnya 180 an itu. Sebuah prestasi yang luar biasa buat saya yang tergolong sangat sulit untuk mengingat nama seseorang. Terkadang, saya merasa kasihan sekali mereka, karena harus bertemu saya yang belum punya jam terbang…

View original post 1,289 more words

Leave a Reply

