LPDP Series #5: Pencarian LoA di Jepang

Kali ini saya mau bahas tentang perburuan LoA (Letter of Acceptance) dari universitas yang tujuan saya di Jepang, Waseda University. Setelah lolos seleksi wawancara dan resmi menjadi awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari LPDP (dengan asumsi program Persiapan Keberangkatan/PK bukan bagian dari seleksi beasiswa), saya memiliki waktu 1 tahun (terbilang dari tanggal lulus wawancara) untuk mendapatkan LoA dari universitas tujuan.

Mencari universitas diluar negeri ini hampir sama susahnya seperti mencari jodoh. Dengan waktu yang terbatas, saya mempersempit pencarian universitas dengan menetapkan negara tujuan terlebih dahulu. Karena saya udah jatuh hati sama Jepang sejak dulu, akhirnya saya memutuskan untuk ngublek-ngublek universitas yang ada di Jepang aja instead of universitas di negara lain.

Nah, universitas mana saja di Jepang yang masuk dalam list LPDP?

  1. University of Tokyo
  2. Kyoto University
  3. Osaka University
  4. Tokyo Institute of Technology
  5. Tohoku University
  6. Nagoya University
  7. Kyushu University
  8. Hokkaido University
  9. Waseda University
  10. Keio University
  11. University of Tsukuba
  12. Tokyo Medical and Dental University
  13. Hiroshima University
  14. Kobe University
  15. Yokohama National University

Setelah mencari universitas, saatnya mencari informasi terkait di website universitasnya. Masing-masing universitas biasanya memiliki sekolah pascasarjana atau Graduate School, nah ublek-ublek aja informasinya disitu. Info apa aja yang dicari?

  1. Jenis master degree yang akan dicari, apakah yang sifatnya by coursework atau by research.
  2. Siapkan amunisi. Jika yang akan ditempuh adalah master by research, maka siapkan research proposal. Jika yang akan ditempuh master by coursework, biasanya diminta motivation letter dan personal statement.
  3. Laboratory yang sesuai dengan jurusan/reserach/minat
  4. Informasi tanggal-tanggal penting terkait admission dan tahapan tes masuknya
  5. Informasi metode dan persyaratan pendaftarannya. Apakah harus mengirimkan dokumen melalui pos atau cukup upload dokumen di website.
  6. Lokasi Graduate School/universitas dimana. Barangkali jadi pertimbangan sendiri, semisal mencari universitas diluar Tokyo, karena biaya hidup mahal dan terlalu padat atau ingin tinggal di Tokyo, serta pertimbangan lain.
  7. Adakah anggota laboratory yang berasal dari Indonesia? Jika ada, bisa di-kepo-in dan dilakukan pendekatan personal tentang di Lab itu fokus research-nya tentang apa, dll.
  8. Adakah kolega yang pernah nge-lab disana? Jika sudah ada, bisa minta rekomendasi beliau untuk apply ke laboratory
  9. Adakah PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) disana? Berita gembiranya, biasanya sudah ada PPI di setiap prefektur di Jepang. Gunanya PPI apa? bisa meminimalisir homesick, karena ada temen seperjuangan dari Indonesia dan meminimalisir rasa sendirian, apalagi yang masih single *aish, curcol*.

Informasi tersebut semua saya rangkum disini.

Saat perburuan LoA ini dimulai, saya mendapatkan panggilan wawancara dari beasiswa Fullbright. Subhanallah, saya nggak nyangka bisa lolos seleksi dokumen Fullbright karena beasiswa ini terkenal ketat banget dan applicant nya jago-jago, bahkan saingan kita bukan sesama mahasiswa tapi sama dosen juga. Tetapi setelah saya browsing sana-sini tentang beasiswa ini, saya akhirnya tetap memilih melanjutkan tahapan beasiswa BPI LPDP.

LoA (Letter of Acceptance)

Setelah melewati tahapan seleksi, universitas akan mengeluarkan hasil seleksi berupa pernyataan bahwa applicant diterima atau tidak diterima. Jika tidak diterima, jangan patah semangat kawans! Nggak diterima di universitas bukan berarti kiamat😀. Take it easy, siap-siap cari kesempatan di universitas lain.

Nah, bagi applicant yang diterima, biasanya akan mendapatkan surat penerimaan atau yang dikenal dengan LoA (Letter of Acceptance). LoA ini ada 2 macam: conditional dan unconditional. Apa bedanya LoA Conditional dan Unconditional? LoA Conditional adalah surat yang menyatakan bahwa applicant dapat diterima jika memenuhi kondisi tertentu sesuai requirement universitasnya. Contoh kasus nih, kadang ada universitas yang interest dengan applicant karena aplikasinya yang WOW banget, tetapi sertifikat bahasa yang dikirimkan ke universitasnya masih menggunakan TOEFL ITP, dimana universitas tersebut udah ngga pake ITP; atau nilai sertifikat bahasanya masih dibawah standar universitas. Nah, untuk kasus seperti itu, biasanya applicant diberi LoA conditional. Applicant dapat mengubah status LoA nya menjadi Unconditional dengan mengirimkan sertifikat bahasa yang lain (bisa iBT atau IELTS, tergantung persyaratan universitas) dengan nilai diatas standar universitas. Sedangkan LoA Unconditional adalah surat yang menyatakan bahwa applicant diterima di universitas X tanpa syarat.

Nah, LPDP ini menerima LoA yang unconditional, bukan conditional. Jadi, jika sudah lolos seleksi wawancara dengan LoA conditional, segera mengurus LoA unconditional ke universitas tujuan.

LoA saya dikirimkan melalui pos bersama dengan tagihan tuition fee, form untuk dormitory, form untuk CoE (Ceritificate of Eligibility), dll. Untuk mengajukan permintaan tuition fee atau segala hal yang berkaitan dengan keuangan bisa dilakukan setelah awardee LPDP melewati program PK (Persiapan Keberangkatan), berupa karantina selama 7 hari bersama 120 orang awardee LPDP lainnya. Sedangkan CoE adalah semacam surat undangan dari invitor yang ada di Jepang untuk orang asing yang akan tinggal di Jepang, dengan tujuan selain wisata. Jika kita sudah memiliki surat sakti ini, insyaAllah akan lebih mudah dalam pengurusan visa.

Mencari Universitas Dulu Atau Mencari Beasiswa Dulu?

Jawabannya : tergantung kondisi.

Kebetulan di universitas saya, Waseda University, salah satu persyaratan untuk mendaftar universitas adalah form Source of Fund atau sumber pendanaan berasal darimana. Nah, akhirnya saya cari sponsor yang bisa mendanai saya, ya saya apply beasiswa BPI LPDP. Setelah menjadi awardee LPDP, kita bisa meminta surat pernyataan sponsorship (Letter of Sponsorship/LoS) istilahnya surat sakti dari LPDP sebagai surat penjaminan pembiayaan kuliah kita disana.

Untuk mendapatkan LoS tidak perlu memiliki LoA terlebih dahulu, kita tinggal menghubungi lpdp di email tertentu. Kemudian pihak LPDP akan menerbitkan LoS kita dalam waktu 2-3 hari. Kita akan dikirimi scan LoS melalui email, sedangkan lembar LoS asli tidak dikirimkan ke alamat kita, tetapi diambil di kantor LPDP langsung atau diwakilakn pada teman untuk mengambil ke kantor LPDP. LoS ini juga dapat digunakan sebagai surat penjamin deposit payment, biasanya hal ini dialami oleh teman-teman yang akan studi di UK.

Kasus lain juga banyak sekali yang sudah memiliki LoA pada saat apply beasiswa BPI LPDP. Saat ini LPDP memiliki aturan baru, bagi applicant yang sudah memiliki LoA tanggal masuk kuliahnya harus dimulai paling cepat 6 bulan dari tanggal penutupan pendaftaran seleksi LPDP (informasinya bisa dilihat di official website LPDP). Karena pengalaman di tahun 2014, banyak sekali awardee LPDP yang tanggal kuliahnya kurang dari 6 bulan (dari tanggal penutupan seleksi LPDP) sehingga pihak LPDP kewalahan menentukan jadwal PK. Jika sudah memiliki LoA dimana jadwal kuliahnya mepet dengan seleksi LPDP, lebih baik minta ke universitasnya untuk mundur tanggal masuk kuliahnya. Nah, di post selanjutnya akan saya bahas tentang bagaimana mengurus visa pelajar ke Jepang🙂.

name

50 thoughts on “LPDP Series #5: Pencarian LoA di Jepang

    1. Halo Noordiansyah, salam kenal. Untuk daftar beasiswa pendidikan indonesia (BPI) dari LPDP ngga perlu punya LoA dulu kok. Nanti setelah lolos seleksi wawancara, dikasi waktu kurleb 1 tahun u/ cari LoA

  1. Assalamu’alaikum
    Perkenalkan, saya Fitakhul Inayah. Saya juga berminat untuk apply beasiswa ini. Nah sebelumnya saya ingin mengajukan pertanyaan mbak mengenai pernyataan ini:
    “Saat ini LPDP memiliki aturan baru, bagi applicant yang sudah memiliki LoA tanggal masuk kuliahnya harus dimulai paling cepat 6 bulan dari tanggal penutupan pendaftaran seleksi LPDP”
    Apakah itu berarti peraturan tersebut cuma berlaku bagi yang sudah dapat LoA saja mbak? Dan untuk yang belum mendapatkan LoA, apakah jangka waktu mencari LoA nya masih satu tahun?
    Kemudian, mbak kan melanjutkan ke Jepang ya. Untuk research programnya mbak siasti seperti apa? karena kan LPDP memberikan masa studi 2th untuk program master. sementara beberapa univ/program memberikan persyaratan utk mengikuti research program sebelum masuk master program?
    Terima kasih mbak sebelumnya untuk penjelasannya.🙂

  2. Mba Dewi – Mau tanya sedikit. LPDP memberikan waktu 1 tahun buat cari LoA Uncondi kan ya?
    Nah tapi kalau mulai kuliahnya itu 1.5 tahun dari waktu wawancara bgmn ya?
    Contoh:
    Lulus Wawancara Maret 2015
    Cari LoA Uncondi sebelum maret 2016
    Masuk Kuliah Sept 2016

    Kira2 ada saran?

  3. Assalamu alaikum..
    Halo okta.. sama-sama okta namanya haha..
    Aku mau nanya, berarti karna di post ini km bilang kalau
    “Mencari universitas diluar negeri ini hampir sama susahnya seperti mencari jodoh. Dengan waktu yang terbatas, saya mempersempit pencarian universitas dengan menetapkan negara tujuan terlebih dahulu. Karena saya udah jatuh hati sama Jepang sejak dulu, akhirnya saya memutuskan untuk ngublek-ngublek universitas yang ada di Jepang aja instead of universitas di negara lain.”
    Berarti di proposal rencana studi km blm menyantumkan universitas dan biaya pendidikannya juga? atau bagaimana?
    Di rencana studi nya tertulis apa saja ya?
    Terimakasih yaa🙂

    1. Halo Okta, salam kenal. Di rencana studiku sudah ada rencana kampus tujuan, meskipun belum punya LoA. Isi rencana studi antara lain: kenapa mau ambil jurusan tersebut, mau ambil berapa sks, gambaran sedikit tentang tema research untuk tesis.

      1. Halo Mbak Dewi🙂
        Mau tanya hehe… kalo misalnya di rencana studi kita usah tulis mau univ X, trus ternyata kita ditolak di univ X tsb dan dapet LoA nya di univ lain, apa ga apa2 mbak?
        Terima kasih!

  4. Halo Dewi,
    terima kasih ya sudah sharing banyak pengalaman tentang seleksi LPDP. It’s really helpful.
    Oh ya, di pertanyaan di atas Dewi bilang kalau sebaiknya pilih Univ di Jepang yang ikut Global 30 supaya bisa master 2 tahun pas ya karen a LPDP cuma bisa membiayai kuliah selama 2 tahun.

    Nah kalau misal pendaftar beasiswa sudah dapat lab di Univ di Jepang dan punya kegiatan penelitian dengan profesornya tetapi program masternya yang biasa jadi 6bln-1 tahun riset & bhs Jepang lalu 2tahun master. Nah kalau kasus seperti ini apa LPDP mau menerima ya?
    Kalau misal LPDP bisa hanya memberi beasiswa 2 tahun lalu untuk 6 bulan nya saya mencari beasiswa lain spt JASSO, itu diperbolehkan gak ya?

    Ok then, terima kasih sebelumnya.

    Ditunggu ya jawabannya.

    Cheers,

    Fani Atmanti

    1. Halo Fani Atmanti, kebetulan ada temen saya yang kasusnya harus jadi reserach student dulu selama 6 bulan. Setau saya, akhirnya temen saya tetep dibiayai LPDP selama 24 bulan, kekurangan biaya disiasati dengan ngirit atau cari baito. Kalau di-mix dengan beasiswa Jasso, sepertinya tidak boleh karena kita menandatangani surat pernyataan yang menyebutkan kalo (intinya) nggak akan mencari funding beasiswa lain.
      Supaya lebih jelas infonya, mohon ditanyakan ke cso lpdp langsung aja Mba. Sukses untuk aplikasi beasiswanya ya!

      1. mbak okta,
        salam kenal saya loka awardee lpdp 2016 batch 3
        kebetulan saya memiliki kasus yang sama seperti teman mbak okta, professor mengharuskan saya untuk mengikuti program RS terlebih dahulu, dan mengambil tes master setelah menyelesaikan masa rs, nah yang jadi pertanyaan apakah LPDP menerima LoA/Admission Letter Research Student untuk mengurus kontrak dan keberangkatan ? sedangkan saya belum bisa mendapat LoA Master sebelum mengikuit test.

  5. Luar biasa, semakin banyak anak negri yang bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi melalui LPDP, semoga program ini melahirkan banyak profesional-profesional yang bisa membangun indonesia kelak.

    Anyway, saya selalu merasa ‘agak’ kesulitan untuk mencari informasi graduate school di website-website universitas Jepang, entah mengapa rasanya tidak semudah mencari informasi di universitas-universitas eropa. Di Waseda, lab untuk reliable software engineering dan data mining tampaknya menarik🙂

    Bon courage!

  6. Assalamualaikum kak, InshaAllah saya juga akan apply beasiswa LPDP periode ini. Yang jadi kebingungan saya, saya pernah contact dengan salah satu universitas di Jepang, Hiroshima University. Tapi katanya mahasiswa asing yang masuk ke universitas tersebut berstatus Research Student. Itu maksudnya apa ya kak? dan apakah itu masuk dalam biaya beasiswa LPDP? Mohon informasi dan bantuannya

    1. Hai Alim, research student tidak masuk dalam pembiayaan lpdp. di jepang,, research students biasanya di lab, pelajarin riset profesor dan kadang harus ambil matkul 6 sks.

  7. selamat malam mbak, nama saya rizky nindya. saya ingin sekali bisa berkuliah di jepang. mau tanya-tanya nih mbak,tips-tips dan cara supaya bisa diterima di univeristas dijepang gimana ya mbak? oiya saya dari jurusan ekonomi. kemarin saya pernah daftar tapi gagal baik LPDPnya (sampai tahap wawancara) maupun pendaftaran kampusnya

    1. Halo Rizky, salam kenal. Semangat ya, semoga dilancarkan usahanya. Kalau gagal, evaluasi lagi dan kuatkan doanya serta minta restu ortu. Coba beasiswa lain juga, siapa tau rejekinya ada di pintu yg lain. Sukses yaa

  8. assalamualaikum mbak, sebelumnya saya ucapkan selamat sudah lolos beasiswa LPDP dan seleksi universitasnya. semoga ilmunya berkah ya..
    saya insya allah berencana mendaftar ke todai, melalui pembiayaan dari LPDP dan berharap bisa memperbesar kesempatan lolos dengan berbekal LoA dari Todai yang katanya alhamdulillah bisa memfasilitasi. setelah baca blognya mbak, saya jadi deg2an. saya kurang paham maksud research program dll, bisa mohon bantu menjelaskan sedikit? yang mau saya tanyakan lagi, apakah semua universitas yang tergabung dalam G30 tsb artinya bebas dari syarat research study? saya khawatir kalau todai juga termasuk yg mensyaratkan hal tsb, dan terlewat infonya. mohon bantuannya ya mbak, yoroshiku onegaishimasu…

    1. Waalaikumsalam, salam kenal Intan, amiin. Setahu saya, semua perkuliahan master dan doktoral di Jepang masih sifatnya research-based CMIIW, di universitas2 yang terdaftar dalam G30 juga research-based. Tapi mereka lebih encouraged kampus mereka untuk menerima mahasiswa asing.

  9. Salam kenal kak🙂
    Perkenalkan, namaku Dea. Terimakasih ya sudah sharing banyak tentang beasiswa LPDP🙂
    Btw, kakak di waseda ngambil lab data mining ya? Kebetulan aku pengen apply untuk LOA terlebih dahulu. Sebelumnya aku sudah pernah menghubungi Prof. Yamana Hayato, dosen di lab data mining. Saat aku bertanya apakah aku bisa menjadi research student di labnya, Beliau mengatakan dengan senang hati mau menjadi supervisorku. Nah yang ingin aku tanyakan, tahapan seleksi untuk LOA di waseda itu yang harus dilakukan terlebih dahulu apa saja kak? Karena saat aku mencari tahu info di web waseda, disana hanya ditampilkan cara apply LOA bagi yang sudah lulus untuk beasiswa MEXT. Mohon pencerahannya ya kak, thanks in advance🙂

  10. Makasih mbak infonya. Beberapa hari lalu saya dapat LoA dari Professor, maksudnya surat dari Professor yang menyatakan beliau siap menjadi supervisor dan membantu aplikasi ke Universitas. Tapi saya memiliki kendala sedikit, TOEFL saya masih dibawah standar yang disyaratkan LPDP. saya mau tanya, apakah ada kompensasi untuk kasus seperti saya ini untuk TOEFL, walaupun saya diterima di Univ. tujuan,dengan TOEFL ITP skrg, masih dibawah 550 ? thanks.

    1. Halo Apriza, setau saya sih LoA dari kampus (kampus yang masuk dalam list lpdp) bisa menganulir persyaratan nilai TOEFL dan IPK. Tapi, coba ditanyakan lagi ke CS LPDP ya. Good luck!

  11. Halo mba Dewi!
    Saya mau menanyakan, kemarin sewaktu mengisi lembar financial statement dari waseda, apa yang mba isikan? apakah waktu itu mba sudah lulus lpdp? terima kasih

      1. terima kasih mba Dewi sudah berkenan membalas. saya bingung mw mendaftar di waseda. yang pertama tetap mencari profesor sebelum jadwal seleksi dokumen ya mba? karena untuk penerimaan bulan september 2016 harus mengikuti seleksi dokumen (plus dokumen financial statement) di bulan april 2016. sedangkan lpdp mungkin belum pengumuman. apakah mba dulu juga begitu? terima kasih lagi ya…

  12. Bermanfaat banget..
    Kendala saya skr baru mnunggu loa dr hiroshm univ. Kira2 brp lama ya mbk loa bisa sampai ke saya? Lewat email/pos? Trus apakah saya hrus confirm ke admin univnya lagi? Karena email terakhir dgn prof, bliau gak bilang apa2 lagi sih. Thanks..

  13. Hai Mba,

    Berarti ketika daftar LPDP belum ada LOA yah?
    Apa ditanyakan ketika wawancara? Kalau boleh tahu bagaimana Mba menjawab ke pewawancara?

    Terima kasih🙂

  14. Sore Mba Okta, apa ada info bagaimana mencari LoA dengan menggunakan agen studi? Kemudia bisa bagi ga cara-cara daftar LoA step by step ke Wasedanya? kebetulan saya juga tujuannya ke Waseda. hehe

  15. hi, bisa minta email? saya mau minta informasi dan masukan soal LoA. kebetulan saya sedang mencoba melakukan pendekatan di Titech dan *ehemmm* Todai. hehehe ^^
    Tapi saya masih agak bingung seputar examination entrance yang di lakukan oleh uni di Jepang. kalo boleh mau email supaya lebih enak ngobrolnya. Thanks

  16. Hai Kak, aku mau tanya. Aku udah dapet lpdp nya, tapi sekarang bingung mau apply via recommended atau AO. Tapi setahuku sih kampusku ga ada kerja sama dengan Waseda. Kalau gitu hanya bisa AO ya?

    Terima kasih sebelumnya. Maaf ganggu🙂

  17. Halo mbak salam kenal.. Saya arinta berniat utk lanjut kuliah k jepang dgn beasiswa lpdp.. Baru tau kalo research student gak dicover sama lpdp hiks, hiks.. Kalo blh tau mbak kuliah by research atau coursework?

    1. Halo Arinta, LPDP mengbiayai maks 24 bulan untuk master study, untuk research 6 bulan biasanya temen2 disini cari pendanaan dg jadi teaching assistant atau simpen2 uang beasiswa bulanan. Saya ambil master by research.

  18. Mba Okta,

    Saya mau nanya nih berkaitan dengan lpdp, utnuk pendaftaran lpdp sendiri semisal saya belum mendapatkan skor toefl ITP 550 apa bisa mendaftar ya ? dan apakah saya bisa dengan sertifikat bahsa lain ?

    Untuk LOA sendiri itu cara mendapatkanya gimana ya ? seperti syarat untuk mendapatkan dar universitas yang dituju ,

    Makasih🙂

  19. Mbk Terimakasih info nya, saya masih bingung soal Loa Conditional atau unconditional. Saya sudah mendapatkan loa dari profesor saya Osaka University, dan beliau bilang ini sudah bisa digunakan untuk apply beasiswa, hanya saja di loa tersebut tidak disebutkan ini loa con or uncon .. saat ini saya akan memulai registrasi lpdp disana harus memilih loa yang dimiliki con or uncon. saya bingung juga jadinya.. mohon pencerahan mbk..

    Makasih banyak ya

  20. halo Mba Dewi, kebetulan sy juga ingin apply ke Waseda, nah sy ingin bertanya apakah dokumen seperti Ijazah, Transkrip, Hasil IELTS, yang Mba Dewi kirim ke Waseda adalah yang Original? Saya telah membaca Panduan admission, yang mensyaratkan dokumen yg dikirim adalah original. Terima Kasih

  21. halo mba Okta, saya mau tanya ttg document app di Waseda Univ, kebetulan sy jg mau apply kesana, tapi di guide.appnya bilang harus kirim Original Documents kyk Ijazah, Transkrip, English Certificate semuanya harus asli, apa waktu mba daftar kyk gitu jg mba? ap gk bisa diganti jd legalized document sj?

  22. assalamu’alaykum. dewi senpai, watashi wa Beby desu. senpai, saya sering melihat blog senpai saya sangat tertarik dan suka sekali membacanya. saya ingin melanjutkan studi saya ke Jepang di Universitas yang akan saya tuju. salah satunya Keio University, Kobe University dan Kyoto University. dengan jurusan Humaniora dan Ilmu Sosial. demo, saya masih bingung untuk mendapatkan LoA nya. kira-kira kalau saya mau minta kontak senpai kemana ya? saya mau minta bimbinngan senpai dalam mewujudkan imipan saya. arigatou gozaimasu ne senpai ^_^

  23. Salam kenal kak Okta,,,
    maaf kak sebelumnya,, Saya lulusan computer engineering dan mau melanjutkan Master degree di jepang dengan research tentang earthquake,,
    mohon suggestionnya untuk kampus dan laboratorium yang compatible dengan research saya kak….

    terimakasih…

  24. Assalamualaikum Mba Oktaviani..
    Saat ini saya sedang berjuang mendapatkan beasiswa LPDP juga dan kebetulan salah satu pilihan universitas yang saya inginkan adalah Waseda University, selain Ritsumeikan University dan Nagoya University. Saya ingin mengambil Graduate School Of Management atau Graduate School Of Business. Yang saya ingin tanyakan adalah, cara terbaik mendapatkan LoA dari Waseda University apakah dengan mendaftar ke kampusnya langsung secara reguler atau menghubungi salah satu professor agar mau menjadi supervisor kita?

    Mohon sharing dan tips nya Mba, karena saya bingung sekali huhu
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

  25. Hi mba Oktaviani,

    Tulisannya sangat inspiratif! Saya juga plan untuk apply beasiswa ke Jepang. Namun mau tanya mba, saya tertarik buat ambil MBA di Keio, namun disitu full in Japanese. Yang ingin saya tanyakan, apakah pas apply universitas di jepang, kita bisa terserah menentukan kapan mau enroll? Karena asumsinya harus belajar bahasa jepang dulu.

    Thank you

    Nadhila

    1. Hi Nadhila, coba ditanyakan di kampus yang akan dituju. Kalo di kampus saya, hanya bisa daftar untuk enrollment term yang dibuka saat itu, tidak bisa daftar untuk term semester depannya. Terimakasih.

Leave a Reply

