Tentang Membuat Keputusan

Selamat pagi,

Ide ini saya tuliskan ketika melihat teman saya, sebutlah namanya ‘si O’ yang sedang merantau ke negeri alien. Si O sedang kebingungan memilih matkul apa yang akan diambil di semester awal. Antara mengambil matkul baru atau matkul lama (yang pernah dipelajari ketika S1). Mengapa mengambil matkul yang sudah pernah dipelajari? Karena ada jaminan (keyakinan, lebih tepatnya) bahwa ia akan dapat lulus matkul tersebut dengan nilai baik, karena hanya mengulang materi di S1, otherwise, tidak ada jaminan ia bisa menyelesaikan matkul baru dengan nilai yang baik. Sementara Si O juga harus mempertanggungjawabkan nilai matkul ke pemberi beasiswa. Dilema.

Life is full of choices. Dimulai dari bangun tidur, ketika mendengar suara alarm kita sudah dihadapkan pada pilihan segera bangun atau kembali menarik selimut; hari ini mandi atau nggak mandi? Ke kampus pake baju apa ya? Beli makanan yang enak atau yang sehat? Update status di FB atau di Path? Hingga memilih si A atau si B untuk jadi pasangan hidup?

Kondisi nyaman memang selalu menggoda. Kondisi dimana kita merasa aman, damai, tidak terancam dan tidak harus move on. Nah, pada konteks cerita di atas, apa yang akan terjadi jika kita selalu memilih berada di zona nyaman? Kembali menarik selimut, nggak mandi, nggak ke kampus. Ya kalo menurut lo every day is like holiday sih mau gitu terus juga terserah bro! Chicken stays, eagles fly.

Kembali ke topic si O tadi, saranku, buat apa sekolah jauh-jauh kesini kalau hanya mencari nilai, bukan keahlian? Move out from your comfort zone. Learn something new, discover the treasures, and enjoy the fresh air. IMO, ketika sudah menentukan pilihan, jangan berbuat kesalahan dengan tidak bertanggungjawab atas pilihan itu. Memilih sesuatu itu sepaket dengan kemampuan bertanggungjawab. That’s why someone said that making a decision is showing your maturity. Numerical age doesn’t count.

Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya (QS. 17 : 36)

name

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s