25 Tahun

Hi,

Hari ini tepat 7 hari saya menapaki usia ke-25. Perayaan ulang tahun di Indonesia bukan menjadi sesuatu yang menyenangkan, karena justru di hari ulang tahun ini, teman-teman di kuliah atau tempat kerja tetiba menagih jatah traktiran dengan alasan syukuran atas bertambahnya umur. Masih untung jika hanya ditagih traktiran, yang bikin sebel lagi jika ada episode dikerjain ama temen saat ulang tahun, entah diguyur air kolam atau dilempari telur dan tepung. Padahal kalo di Jepang, temen saya pernah cerita (saya belum pernah merasakan), kalau kita ulang tahun justru kita–yang ulang tahun yang ditraktir makan.

kaskus_ultah
Email ucapan selamat ulang tahun dari Kaskus

Ibu saya mencuri start dengan mengucapkan selamat sehari sebelumnya, saya bersyukur ibu saya nggak menanyakan kapan nikah. Di usia 25 tahun, Ibu saya sudah menikah dan memiliki dua anak, bersiap untuk merencanakan anak ketiga. Sementara saya di usia 25 tahun, sedang pusing melajarin algoritma untuk clustering data.

Usia 25 tahun sering dikaitkan dengan quarter life crisis, masa dimana orang merasa gamang menenentukan tujuan dan arah hidupnya. Tapi di sisi lain, orang-orang sukses di dunia sudah menentukan arah hidupnya di usia 25 tahun.

Nabi Muhammad SAW

Mengutip dari artikel ini bahwa Nabi Muhammad yang berusia 25 tahun menikahi Khadijah. Apa yang membuat Khadijah tertarik dengan Nabi Muhammad yang usianya 15 tahun lebih muda darinya? Kepribadian Nabi Muhammad. Siapa pula yang nggak bakalan kagum dengan seseorang yang punya sifat Fathonah, Shiddiq, Amanah dan Tabligh?

Ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam kembali ke Mekkah dari perjalanan dagangnya ke Syam, Khadijah Radhiallahu’anha melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sangat amanah dalam mengelola dagangannya dan ia juga melihat keberkahan besar dalam daganganya yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Selain itu, budak lelaki Khadijah yang bernama Maisarah, juga mengabarkan kepadanya mengenai pembawaan Rasulullah yang lembut, sifat-sifat beliau yang mulia, ketajaman berpikir, perkataan yang jujur, metode beliau yang amanah.

Abraham Lincoln

Presiden ke-16 di Amerika ini terkenal atas perannya menghapus perbudakan di wilayah Amerika Selatan dan menyatukan wilayah Amerika Utara dan Selatan yang terpecah karena perang saudara. Abraham Lincoln terlahir dari keluarga petani di Kentucky, termasuk bagian dari Amerika Selatan saat itu.

Berdasarkan sumber ini, pada tahun 1834, tepat di usia 25 tahun, ia terpilih sebagai anggota House of Representatives (semacam DPR) di negara bagian Illinois. Sebuah pencapaian besar bagi seseorang yang baru berusia 25 tahun.

Aida Hadzialic

Kalau contoh yang ini, memang bukan literally 25 sih, tapi pencapaiannya luar biasa. Aida Hadzialic didapuk sebagai Menteri Pendidikan di Swedia di usia 27 tahun. Ia adalah seorang muslim terlahir di Bosnia namun besar dan mengenyam pendidikan di Swedia. Hebat yah, masih muda tapi udah diberi kepercayaan oleh pemerintah dan rakyat Swedia untuk jadi pemimpin. Berita lengkapnya baca di situs ini dan ini.

Sherryl Sandberg

Sherryl Sandberg di usia 25 tahun barusan aja lulus dari Economic Department di Harvard University dan bekerja di World Bank dibawah bimbingan Professornya sebelumnya di kampus.

Penulis buku berjudul ‘Lean In’ ini sekarang menjabat sebagai COO (Chief Operating Officer) di FaceBook. Sebelum di bekerja di FaceBook, ia adalah Wakil Presiden Globa Online Sales and Operations di Google.

Mark Zuckernberg

Siapa yang nggak kenal dengan Mark Zuckernberg? Tokoh pendiri FaceBook, seorang hoodie lovers, suami dari  Priscilla Chan. Meski kaya raya, dia tetep hidup sederhana dan sering berderma. Couple yang bikin envy banget nih.

Di Usia 25 tahun, Zuckernberg mendapatkan “positive cashflows” setelah menjalankan perusahaan FaceBook selama 5 tahun dan jumlah user lebih dari 300 juta di dunia, seperti  yang disebutkan disini.

Eric Schmidt

Eric Schmidt menghabiskan waktu 6 tahun untuk menyelesaikan studi master dan Ph.D di Berkeley University. Di masa awal ia menjadi programmer, ia tidak pernah tidur malam hari karena menurutnya kecepatan komputer meningkat saat malam hari. Artikel lengkapnya bisa dibaca disini.

Nah, akhirnya ada kesamaan nih ama salah satu tokoh yang saya ceritain. Emang sih kalo ngoding enak malem ya Pak Eric *toss dulu*. Bagaimana dengan 25 tahun saya? Saya masih duduk di depan komputer lab, di tengah tumpukan reading assignment persiapan buat midterm matkul IR, hihihi.

Ada satu pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan mereka, yakni: Orang yang punya tujuan hidup selalu tau kemana ia berjalan, selalu bersabar dalam menjalani proses karena ia percaya bahwa hasil nggak akan mengkhianati proses.

Have a nice birthday Oktoberians!

name

2 thoughts on “25 Tahun

  1. Usia saya 24 tapi udh mengalami quarter life crisis hehe.. Ketika msh berjuang utk kuliah s2 dan cari beasiswa.. Makasih mbak udah ngsh semangat dari tulisan yg paling akhir “Orang yang punya tujuan hidup selalu tau kemana ia berjalan, selalu bersabar dalam menjalani proses karena ia percaya bahwa hasil nggak akan mengkhianati proses”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s