Dorama: Mother Game

Setelah lama ngga nonton dorama, akhirnya sekarang nonton dorama lagi. Diawali dari dengerin lagu berjudul Beautiful yang dibawakan oleh Superfly. Pertama kali denger, kirain soundtrack anime, karena lagunya powerful banget, bikin semangat. Ternyata lagu tersebut soundtrack dari dorama berjudul : Mother Game (マザー・ゲーム~彼女たちの階級~ Maza Gemu – Kanojo tachi no Kaikyuu).

Dorama ini menceritakan tentang seorang single mother bernama Kanbara Kiko (di doramanya sih Kanabara Kiko) yang membesarkan anaknya, Haruto, yang berusia 5 tahun. Kiko harus bekerja sebagai pemilik warung bento “Gohanya” untuk menghidupi keluarga kecilnya. Semua uang simpanannya habis, dibawa kabur oleh mantan suaminya ke Paris. Nah, sementara itu Kiko berusaha memasukkan anaknya ke daycare yang dikelola pemerintah karena lebih murah daripada private daycare. Kiko harus mengantri berhubung banyak banget anak seusia Haruto yang mau masuk daycare. Sedangkan private daycare sih nggak pake sistem antrian, tapi ya gitu biayanya muahal! Seorang single mother macem Kiko perlu berpikir dua kali untuk memasukkan Haruto ke private daycare.

Nah, secara nggak sengaja, Kiko bertemu dengan Fumi Naraoka, Kepala Sekolah Shizuku private daycare. Fumi tertarik dengan Kiko ketika melihat kegigihan Kiko ngotot ke petugas kecamatan yang ngurusin pendaftaran daycare pemerintah. Fumi menawarkan Kiko untuk memasukkan Haruto ke Shizuku private daycare secara gratis. Kiko amat bersyukur dapet tawaran ini, dia sama sekali nggak tau Shizuku private daycare itu sekolah yang kayak gimana.

Shizuku private daycare ini sekolah orang elit dan berduit gitu deh, hampir semuanya terlihat “kaya”. Semuanya dianter pake mobil, cuma Kiko aja yang nganter Haruto ke sekolah pake sepeda. Semua ibu-ibu yang nganter anaknya pake baju bagus dan rapi, kecuali Kiko aja yang bajunya biasa. Di day care tersebut, Kiko bertemu dengan Yuki, teman masa kecilnya. Yuki kaget ngeliat Kiko ada di daycare tersebut, gimana bisa Kiko yang miskin dan single parent itu bisa nyekolahin anaknya di Shizuku private daycare yang mahal? Disitu Yuki pura-pura ngga kenal Kiko, karena malu dianggap berteman ama orang miskin. Even temen deketnya aja pura-pura nggak kenal ama Kiko. Bikin gemes kan. Nah, gimana caranya Kiko bertahan di Shizuku private daycare itu ditengah intimidasi ibu-ibu sosialita yang nggak level dengan Kiko? Tiap episodenya menceritakan konflik dari masing-masing tokoh utama: ada ibu yang di rumahnya tertekan karena tekanan mertua sedangkan suaminya nggak berusaha melindungi keluarganya; ada ibu yang rela main pachinko dan berhutang demi terlihat selevel dengan ibu-ibu lain; dan masih banyak konflik lainnya.

Seperti biasa, selalu ada moral cerita yang bisa diambil dari tiap cerita dorama Jepang. Dari dorama ini, saya bisa mengambil moral cerita bahwa hidup ini sawang sinawang, buat apa hidup berpura-pura kaya agar bisa selevel dengan mereka yang terlihat “kaya”. Hiduplah apa adanya, demi melihat senyum orang yang kita cintai. Bukan mengharap penilaian dari orang lain.

01257c3886d344f550c3d71e67bd7fdd

Dorama ini bergenre Family, ada 10 episode dengan jam tayang sekitar 45 menit tiap episode. Rating dari dorama Mother Game ini lumayan bagus lho, 8.1 dari 10.  Soundtracknya juga powerful. Selamat menonton🙂

name

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s