Asadora 朝ドラ

Hi, hisashiburi ne~~

Kali ini mau cerita sedikit tentang Asadora. Asadora 朝ドラ, kependekan dari 朝 (asa) : pagi dan  ドラマ (dorama) : drama, artinya drama yang ditampilkan pagi-pagi. Drama ini ditayangkan di NHK channel 6 hari dalam seminggu dan berdurasi 15 menit. Dalam setahun, ada 2 asadora yang ditayangkan. Jadi, 1 judul asadora tamat dalam 6 bulan. Nggak heran untuk 1 judul asadora bisa sampe 150-an episode.

Asadora yang lagi on-air adalah Toto Nee-chan. Asadora ini menceritakan tentang kehidupan Tetsuko sebagai anak pertama dari 3 bersaudara. Sebelum ayahnya meninggal, Tetsuko berjanji pada ayahnya untuk ‘menggantikan’ posisi ayahnya untuk melindungi ibu dan adik-adiknya. Nah, udah bisa ditebak kalau di tiap episodenya akan diceritakan tentang gimana perjuangan Tetsuko berusaha meringankan beban ibunya.

totone_chan-p02
http://asianwiki.com/Toto_Nee-Chan:_Fatherly_Sister

Bagian ini sih yang menarik bagi saya, karena jalan ceritanya mirip2 dengan pengalaman hidup saya. Di tiap episodenya, saya bisa merasakan apa yang Tetsuko rasakan. Ketika ada adegan Tetsuko melihat adik bungsunya yang tumbuh jadi pendiam dan agak minder karena rindu sosok ayah, somehow saya seperti melihat hal yang sama pada adik bungsu saya. Saat Tetsuko berusaha tetap cool dan tegar didepan Ibu dan adik-adik, saya juga pernah merasakan hal yang sama. Sayang sekali, hingga saat ini Toto Nee-chan masih belum ada english subtitle-nya. Kalo mau latihan nihongo listening sih bisa nonton dorama ini.

Terlepas dari fakta-fakta diatas yang subyektivitas agak tinggi *haha*, hampir semua Asadora memiliki rating yang tinggi di Jepang (bagian ini obyektif, kaaan). Meski ditayangkan dalam waktu yang pendek, drama ini bukan drama ecek-ecek loh, karena seleksi pemerannya pun cukup ketat dan ceritanya penuh makna. Asadora adalah tontonan ringan namun inspiratif. Tokoh utama dalam asadora selalu wanita dan cerita asadora biasanya tentang gimana tokoh utama to get pass through obstacles in her life. Ama-chan adalah salah satu recommended asadora yang bercerita tentang gimana seorang cewek bernama Ama-chan mencari tujuan hidupnya. Anw, belakangan saya tau kalo ‘Oshin’ juga termasuk asadora.

Nah, jadii kalau kalian ada waktu luang dan pengen nonton dorama yang nggak ‘kosong’, coba deh liat asadora🙂

3 thoughts on “Asadora 朝ドラ

  1. Assalamualaikum mba Oktaviani, perkenalkan mba saya Nurhidayani. Saya membaca post post mba mengenai beasiswa LPDP. Kalau mba berkenan, bolehkah saya meminta cp atau email mba? ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mba. Terimakasih sebelumnya mba🙂

Leave a Reply

